Hola sobat Kata Malica, siapa di sini yang ingin berangkat ke tanah suci? Mau haji plus atau reguler?  Jawabannya ada di travel haji plus Jakarta!

Siapa Sih Travel Haji Plus Jakarta?

Bagi umat Muslim, siapa yang tidak mau ke tanah suci? Beribadah langsung di multazam, tempat mustajab untuk berdoa di tanah suci? Ada baiknya mulai mencari informasi mengenai travel haji plus Jakarta.

Travel haji biasa melayani keberangkatan untuk umroh dan ibadah haji. Untuk dapat melaksanakan rukun Islam kelima ini, Anda perlu menunggu beberapa tahun, bahkan ada yang sampai belasan. Hal yang berpengaruh adalah banyaknya umat Muslim yang ingin berhaji dan keterbatasan kuota atau jumlah keberangkatan jamaah.

Travel haji plus Jakarta, yakni lebih tepatnya adalah PT. ALHIJAZ INDOWISATA merupakan Travel yang terdaftar resmi di Kementrian Agama Republik Indonesia. Telah memiliki izin resmi umroh serta izin haji khusus atau plus atas nama PT. Alhijaz Indowisata.

Telah dipercaya beberapa calon jamaah karena layanan dan fasilitasnya terpercaya. Biaya haji plus Jakarta pun relatif terjangkau.

Perbedaan Haji Plus dan Reguler

Setiap tahun Departemen Agama membuka pendaftaran haji dengan menyesuaikan jatah atau kuota untuk umat Muslim Indonesia. Karena secara reguler antrian cukup lama dan mendapat fasilitas yang terbatas, tidak ada salahnya memilih haji plus.

Berbeda dengan reguler, pendaftar yang mengambil paket haji plus mendapat beberapa kemudahan. Penerbangan tanpa transit, hotel dekat dengan masjidil Haram dan masjid Nabawi, serta lainnya. Seperti namanya, untuk mendapat fasilitas tersebut, calon jamaah haji harus membayar akomodasi yang lebih besar.

Jakarta merupakan salah satu kota dimana banyak umat Muslim yang memilih berangkat haji dengan fasilitas plus. Jasa travel pun menawarkan berbagai fasilitas. Sebelum mendaftar, Anda perlu mengerti apa perbedaan haji plus dan reguler. Hal ini berpengaruh pada besarnya biaya haji plus Jakarta dan kota lainnya.

1. Masa tunggu

Sampai saat ini untuk bisa berangkat haji secara reguler Anda perlu menunggu antara 10 sampai 30 tahun. Jika mendaftar beberapa bulan lagi, bisa jadi masa tunggunya semakin lama.

Berbeda jika mendaftar dengan haji plus, maka waktu tunggunya lebih pendek. Calon jamaah travel haji plus Jakarta hanya perlu menunggu 5 sampai 7 tahun. Dengan demikian, calon jamaah bisa lebih cepat untuk berangkat.

2. Penyelenggara

Untuk haji reguler, pengelolanya adalah pemerintah atau Kementrian Agama. Sedangkan untuk haji plus pihak swasta. Dengan jaringan yang dimiliki, penyelenggara dapat memberikan fasilitas sesuai penawaran.

Meski demikian, calon jamaah tidak perlu khawatir. Semua aktivitas bisnis travel haji plus, termasuk yang di Jakarta dan kota lainnya berada di bawah pengawasan pemerintah. Hal ini tentu memberi rasa aman dan nyaman bagi pendaftar haji plus.

3. Jarak hotel ke masjidil Haram dan masjid Nabawi

Seperti namanya, jamaah haji plus mendapat fasilitas lebih dibanding reguler. Salah satunya terkait dengan penginapan. Jamaah akan tinggal di hotel yang mempunyai jarak ke masjidil Haram dan masjid Nabawi lebih dekat. Sedangkan jamaah haji reguler menginap di hotel yang jaraknya sekitar 3-5 km.

4. Fasilitas hotel

Sesuai biaya yang dikeluarkan, jamaah haji plus tinggal di hotel berbintang lima dengan fasilitas lengkap. Hal ini tentunya membuat nyaman selama menginap dan menjalankan ibadah. Untuk jamaah hari reguler tinggal dan mendapat fasilitas hotel standar.

5. Lama keberangkatan sampai pulang ke tanah suci

Lamanya tinggal di tanah suci bagi rombongan tidak selalu sama. Bagi yang berangkat dengan mendaftar haji reguler, mulai dari berangkat sampai kembali ke tanah air selama 40 hari.

Sedangkan jamaah haji plus waktu ibadah lebih pendek, tergantung jenis paket. Jika mengikuti kelompok non Arbain, maka perjalanan hajinya antara 15 sampai 19 hari. untuk kelompok Arbain sekitar 26 hari. Arbain adalah haji dengan tambahan shalat di masjid Nabawi sebanyak 40 kali.

6. Fasilitas tenda di Arafah dan Mina

Wukuf di padang Arafah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah haji. Semua umat Islam yang berhaji akan melaksanakannya secara bersamaan Selanjutnya bermalam atau menginap di Muzdalifah dan melempar jumrah di Mina.

Untuk ibadah tersebut, jamaah baik haji plus maupun reguler menginap dengan tenda yang sama. Perbedaannya terletak pada alas. Jika alas tenda haji reguler menggunakan karpet biasa, untuk yang plus dengan kasur. Kenyamanan jamaah haji plus bertambah karena terdapat pendingin pada setiap tenda.

7. Transportasi

Dengan biaya yang lebih mahal, bahkan bisa mencapai 4x lipat wajar jika jamaah haji plus mendapat fasilitas lebih nyaman. Salah satunya dalam hal penerbangan. Semua jamaah haji plus berangkat dan kembali ke tanah air menggunakan pesawat tanpa transit.

Berbeda dengan jamaah reguler. Keberangkatan dan kepulangan menggunakan jadwal penerbangan dengan transit terlebih dahulu, yaitu di Jeddah atau Madinah.

8. Biaya

Fasilitas jamaah haji plus memberikan kenyamanan yang lebih dari reguler. Hal ini pasti berhubungan dengan biaya yang harus dikeluarkan. Biaya haji reguler sekitar 40 juta. Sedang untuk mendapat fasilitas lebih jamaah haji plus harus membayar sekitar 120-160 juta.

Biaya haji plus Jakarta memang lebih mahal. Namun sebanding dengan semua kenyamana dan fasilitasnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya merencanakan berangkat ke tanah suci dengan menggunakan jasa travel haji plus.