Siklus Haid, Volume dan Ciri-Ciri Darah yang Normal Keluar Saat Menstruasi

Siklus haid merupakan masa menstruasi bagi wanita. Haid adalah tanda normal bagi seorang wanita yang sudah baligh dan tidak sedang hamil.

Pada umumnya siklus ini terjadi setiap 28 hari sekali dengan rentang rata-rata 21 sampai 35 hari. Haid biasanya terjadi pada seorang perempuan sejak dirinya berumur 12 hingga 14 tahun.

Pada seorang perempuan biasanya mengalami masa haid mulai dari 3 hingga 7 hari. Nah, pada masa tersebut, berapa ya kira-kira volume darah haid yang normal keluar?

 Siklus Haid dan Jumlah Darah yang Normal Keluar

Saat sedang menstruasi seorang wanita biasanya mengeluarkan darah sekitar 30 hingga 70 mililiter persiklus. Jumlah ini setara dengan 4 sendok makan dan dianggap sebagai volume normal ketika sedang haid. Akan tetapi kondisi ini bisa saja tak sama pada setiap perempuan.

Dalam beberapa studi, selain darah yang keluar sebanyak 36%, seorang perempuan juga mengeluarkan unsur lain sebanyak 64%. Yaitu jaringan, lendir, gumpalan darah juga luruhan dinding rahim.

Inilah yang menyebabkan volume darah haid yang keluar terlihat cukup banyak.

Lalu, adakah cara untuk mengetahui jumlah darah yang keluar saat haid tersebut normal atau tidak?

Jawabannya tentu saja ada. Setiap perempuan pasti menggunakan produk tertentu ketika sedang haid. Sebut saja pembalut, tampon atau menstrual cup. Produk inilah yang bisa digunakan untuk mengetahui jumlah normal darah yang keluar saat siklus haid.

Cara Mengetahui Jumlah Darah Serta Ciri-Ciri Darah Haid Yang Normal Keluar Ketika Mengalami Siklus Haid

Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan jika ingin tahu berapa jumlah darah yang keluar ketika haid. Yakni dengan memperhatikan berapa kali kamu mengganti pembalut ketika sedang haid.

Kamu bisa mengetahui berapa volume darah yang keluar saat haid dengan menghitung jumlah pembalut yang digunakan setiap hari.

Coba perhatikan berapa kali kamu harus mengganti pembalutmu. Rata-rata pembalut mampu menampung 5 hingga 10 mililiter darah. Jadi kalau kamu mengeluarkan darah kurang dari 80 mililiter setiap siklus haid, itu artinya normal.

Selain mengetahui jumlah darah normal yang keluar, kamu juga bisa mengetahui ciri-ciri darah haid yang normal itu seperti apa. Caranya adalah sebagai berikut:

Memperhatikan siklus haid

Normalnya masa haid bagi seorang perempuan adalah setiap 23 hingga 35 hari sekali.

Namun ada juga yang mengalami haid 2 kali atau tidak menstruasi sama sekali selama siklus tersebut.

Apabila hal ini terjadi padamu, maka jangan ragu untuk konsultasi ke dokter ya karena kondisi ini bisa saja menimbulkan gangguan seperti anemia atau kurang darah.

Bukan hanya anemia, kondisi lain yang mungkin saja terjadi adalah Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau Monorrhagia.

Monorrhagia merupakan sebuah kondisi dengan tanda-tanda keluarnya jumlah darah haid yang berlebihan. Ciri-cirinya adalah kamu mengganti pembalut setiap 2 jam sekali dan masa haid lebih dari 7 hari.

Memperhatikan warna darah yang keluar ketika siklus haid terjadi

Darah haid yang nomal biasanya berwarna merah kecoklatan namun bisa juga warna lainnya. Seperti warna merah muda dan merah terang.

Darah haid yang berwarna merah muda menandakan kalau darah yang keluar tersebut bercampur dengan cairan vagina.

Sedangkan warna merah terang menunjukkan darah haid yang keluar masih segar dan berasal dari pengikisan yang terjadi pada dinding rahim.

Adapun warna merah kecoklatan menandakan kalau darah yang keluar tersebut telah mengalami pengendapan di dinding rahim. Kondisi ini sangat normal dan merupakan tanda jika siklus haid akan segera berakhir.

Kamu tak perlu khawatir karena perubahan warna darah ini merupakan hal yang biasa saat sedang mengalami haid.

Meskipun begitu, jangan sepelekan jika perubahan warna darah haid tersebut diiringi dengan siklus tak lancar atau nyeri yang tak biasa.

Nah, jika kamu mengalami siklus haid yang seperti ini, sebaiknya jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter ya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *