Aplikasi baca novel online – Hai, Sobat kata Malica,

Ngomong-ngomong, saat kamu bosan, bakal ngapain nih?

Saya bakal minum kopi di teras sembari menikmati sapaan angin yang suka bikin adem hati dan pikiran yang lelah.  Tak jarang, saya bakal nyalain HP, lalu searching aplikasi baca novel online yang bisa diunduh gratis. Kamu juga wajib coba, ya!

Saya bisa bilang, platform membaca novel online ini adalah solusi. Di mana perkembangan zaman dengan generasi milenial yang melek banget dengan teknologi.

Maka, membaca di aplikasi online adalah salah satu aktivitas yang bisa menumbuhkan minat.

Tidak hanya membaca, beberapa aplikasi yang saya maksud tersebut, bahkan menyediakan sarana bagi penulis untuk menulis novel dan bisa menghasilkan cuan. Menarik sekali.

Di sini saya semakin yakin, bahwa dengan m adanya aplikasi membaca novel yang disediakan oleh android, kamu bisa menikmati novel tanpa perlu membelinya di toko buku namun tetap bisa membacanya secara leluasa kapan saja dan di mana saja.

Uniknya, Novel yang disediakan dalam bentuk offline dan bisa diunduh secara gratis. Setiap platform memiliki keunggulan dan ciri khas tersendiri. Kamu tinggal memilih platform mana yang sesuai dengan selera.

Penasaran?

Baca artikel tentang 10 rekomendasi aplikasi membaca novel online yang bisa diunduh di android sampai habis ya!

Wattpad – Books & Stories

Wattpad adalah Aplikasi baca novel online pertama yang saya kenal. Kalau nggak salah waktu itu pada tahun 2018. Di awal kemunculannya, wattpad termasuk salah satu aplikasi baca novel romantis best seller yang digandrungi dari kalangan anak muda hingga emak-emak.

Tak sedikit generasi milenial belajar menulis di sana. Teman-teman saya yang berkecimpung di penulisan fiksi pun semakin berkibar.

Bahkan ada dari tekunnya dia menulis novel di wattpad, novelnya dilamar penerbit mayor. Yang paling heboh ada juga novel yang sampai bisa difilmkan, lho. Ini saya mendengar langsung cerita dari Eriska Febriani, salah satu penulis wattpad, yang karyanya berjudul “Dear Nathan” dilamar sutradara.

Kok bisa?

Mungkin ini yang bikin kamu bertanya-tanya kan?

Tidak mustahil. Karena di wattpad ada ribuan novel yang sudah diterbitkan dan dibaca oleh jutaan orang dari seluruh penjuru dunia. Ini yang membuat para sutradara film melirik ke aplikasi baca novel online tersebut.

Selain itu, bahasa yang disediakan tidak hanya terbatas bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tapi juga beberapa bahasa lain dengan berbagai macam genre, seperti romantis, horor, action, dan misteri.

Tidak hanya dibaca secara online, wattpad juga bisa dibaca saat offline yang tentu saja menghemat kuota internet.

Nah, cocok nih kalau kamu mau berpenghasilan dari sini. Ingin mendapatkan cuan melalui wattpad, kamu bisa mencoba menulis genre yang kamu kuasai di wattpad.

Hanya saja, saya harus menyampaikan satu kekurangan dari aplikasi keren ini. Yaitu tidak adanya filter pengiriman karya. Jadi bebas aja karya yang diunggah di sana. Maka jangan heran jika kamu bakal bertemu cerita yang berbau erotis, ya!

Cabaca – Baca Novel Gratis – BETA

Sebagai platform baru, bisa dibilang Cabaca sedang mengepakan sayapnya dalam mencari reader dan juga writer andal.

FYI, Cabaca merupakan platform buatan anak negeri, lo. Jadi, kamu wajib mempertimbangkan untuk mengunduh aplikasi ini sebagai wujud mendukung karya anak bangsa.

Lanjut lagi, Cabaca memiliki visi untuk menciptakan sebuah aplikasi membaca yang simpel, have fun, dan punya kesempatan untuk memonetisasi karya tanpa meninggalkan standar seleksi layaknya penerbit mayor.

Untuk tiga bab pertama novel yang terbit di Cabaca bisa dibaca secara gratis. Selanjutnya, akan dikenai misi kerang, semacam koin alat tukar membaca. Selain itu, Cabaca juga bisa dibaca saat offline.

Jujur, soal Cabaca ini seperti aplikasi baca novel online Gramedia yang tulisannya berbobot. Tulisan fiksinya dikemas ringan, ada juga yang berat semisal mengangkat tema psikologi. Tapi, beneran deh kamu bakal dapatin insight bacaan berkualitas banget.

NovelToon – Read and Tell Stories in Indonesia

Di NovelToon kamu bisa membaca cerita dengan genre romantis, fantasi, komedi, perjalanan waktu, dan lain-lain.

Saat kamu mendaftar akan diminta memilih jenis kelamin dan umur agar NovelToon bisa memberikan rekomendasi jenis novel yang sesuai dengan usia.

Di NovelToon ini juga kamu bisa berinteraksi dengan para novelis, berteman, bahkan memberi masukan mengenai cerita yang ditulisnya. Jadi, kamu bisa menjadi pembaca aktif.

Kebayang serunya? Seru banget!

Soalnya NovelToon awal kemunculannya rata-rata anak muda multi talenta yang berkarya di sana. Gaya tulisan khas generasi milenial. Lucu dan menghibur. Cobain deh. Siapa tahu bisa menjadi obat stres. Hehehe

Rate NovelToon mencapai 12+ dengan rating 4.4 dan telah diunduh lebih dari satu kali. Keunggulan lain, NovelToon memiliki fitur Podcast dan AudioBooks sehingga kamu cukup mendengarkan cerita jika sedang malas membacanya.

Gramedia Digital, Aplikasi Novel Baca Online Terbaik

Siapa yang tidak mengenal nama besar Gramedia. Selain memiliki toko buku offline yang terkenal hingga ke pelosok daerah, ternyata Gramedia ikut menyediakan channel digital untuk membaca majalah, buku, dan novel dari berbagai kategori.

  • Gramedia menjadi salah satu platform yang memberikan pengalaman menyenangkan dalam membaca e-book yang selalu update. Bahkan, tidak jarang versi digital lebih dulu terbit dibandingkan versi cetaknya.

Buat kamu yang belum mengunduh aplikasi Gramedia Digital, aplikasi ini telah tersedia di Play Store dengan tampilan yang user friendly.

Tidak hanya menyediakan bacaan atau konten lokal, Gramedia Digital juga menyediakan konten e-magazine dan e-newspaper. Lengkap, bukan? Tidak hnya novel, kamu akan mendapatkan paket komplit jika mengunduh aplikasi ini.

Aldiko Book Reader

Aldiko Book Reader bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi kamu yang suka membaca novel melalui aplikasi android.

Aplikasi baca novel online gratis satu ini menawarkan banyak fitur yang mampu memanjakan pembacanya.

Misal, fitur untuk mengatur jarak pandang dan fitur mode malam hari. Selain itu, support lainnya format file e-book yang dapat dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan, seperti EPUB dan PDF.

User interface-nya juga tampil friendly dan elegan, serta mudah untuk digunakan. Sebelum membaca isinya secara keseluruhan, kamu juga bisa melihat review dari pembaca terdahulu.

Di aplikasi ini kamu juga diberi kebebasan untuk mengatur ukuran dan jenis font, serta mengganti background warna buku. Lengkap pokoknya!

English Novel Book – Offline

Di zaman sekarang ini, kegemaran atau hobi membaca novel tidak bisa dipandang sebelah mata.

Tidak hanya sebagai sarana hiburan dan menghabiskan waktu luang, namun membaca novel juga bisa menambah wawasan serta wadah untuk belajar.

Dengan mengunduh dan membaca novel melalui English Novel Book, kamu bisa sekalian belajar bahasa Inggris dan memperkaya vocabulary.

Sesuai dengan namanya, English Novel Book bisa dikses tanpa jaringan internet alias offline. Sayang banget jika kamu melewatkan untuk kepoin aplikasi baca novel online daru android satu ini.

Bahkan, sejumlah pengarang terkenal turut hadir meramaikan, seperti Arthur Conan Doyle, Mark Twain, dan Charles Dickens.

Goodreads, Aplikasi Baca Novel Online Recommended

Goodreads sudah diunduh lebih dari 12 juta pengguna di seluruh belahan dunia, dan mendapatkan rating yang bagus.

Aplikasi membaca novel di platform online ini juga bisa dibaca secara gratis. Goodreads juga memberikan rekomendasi bacaan dari history yang tersimapan di smartphone dan melakukan diskusi tentang buku yang sudah dibaca.

Goodreads juga menyajikan fitur rak buku untuk menyimpan list buku yang akan dibaca dan fitur reading challenge guna menantang pengguna lain membaca beberapa buku dalam waktu yang telah ditentukan.

Novel Nusantara

Mengusung nama yang Indonesia banget, Novel Nusantara menjadi salah satu aplikasi yang dibuat oleh developer tanah air dan mampu bersaing dengan produk asing.

Di Novel Nusantara kamu bebas membaca dan membahas variasi novel karya anak bangsa dengan nyaman dan gratis.

Tidak hanya menjadi pembaca, kamu juga bisa berkarier sebagai penulis. Setiap tulisan yang diposting setiap bab akan langsung dibayar dengan syarat menyelesaikan 28 bab disetiap judul.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur dan dapat diakses secara gratis. Oya, jika kamu menyukai novel yang ada di Novel Nusantara, kamu bisa membagikannya ke media sosial, seperti di facebook dan instagram.

Storial.co – Aplikasi Baca Novel Gratis

Storial.co menjadi salah satu aplikasi novel bahasa Indonesia yang dihuni oleh penulis populer tanah air. Telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna, Storial.co menyediakan berbagai genre, seperti novel anak, novel biografi, novel fantasi, novel horor dan misteri, serta masih banyak lagi.

Update cerita dilakukan setiap hari sehingga pembaca setia bisa mengikutinya tanpa menunggu lama.

Selain menyediakan novel gratis, Storial.co juga menyediakan novel premium yang bisa dibaca setelah melakukan pembayaran menggunakan storial coin.

Nah, saya juga punya akun storial, lo. Waktu itu pengen banget mengabadikan karya nonfiksi di sana. Tapi karena saya asyik menulis yang lain. Akhirnya proyek storial gagal total.

Ini deh akunnya. Silakan difollow ya. Hehehe

 

Aplikasi baca novel android terbaik

 

Inkitt: Books, Novels, Stories

Menjadi salah satu aplikasi membaca novel digital yang banyak diminati generasi milenial, Inkitt tidak hanya menyediakan bacaan berupa novel, tapi juga cerita dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

Inkitt telah menerbitkan lebih dari 100 ribu judul novel dari berbagai genre. Tidak heran, jika Inkitt menjadi salah satu aplikasi yang direkomendasikan oleh Play Store.

Uniknya, karya yang dipublikasikan di Inkitt merupakan karya dari orang ternama dan berbakat sehingga kualitas tulisan tidak perlu diragukan lagi.

Nah, itulah tadi 10 aplikasi baca novel online versi kata Malica. Di antara 10 aplikasi tersebut mana yang sudah pernah kamu unduh dan menjadi aplikasi favoritmu?

Atau mungkin diantara 10 aplikasi di atas ada yang baru kamu dengar dan penasaran untuk diunduh? Kepoin, yuk!