Perbedaan Skincare dan Make Up – Hai, Sobat kata Malica, banyak cara yang ditempuh kaum hawa untuk mempercantik dan menjaga kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Sebagian bahkan menganggap jika kulit wajah adalah investasi jangka panjang.

Terkesan berlebihan, faktanya perempuan ingin memiliki kulit wajah yang cantik, sehat, dan terawat sekarang, nanti, dan selamanya.

Dan tahukah kamu, tren yang terjadi beberapa tahun belakangan ini adalah keinginan untuk tampil cantik tidak hanya sekadar cantik dengan polesan make up. Perhatian justru diberikan untuk pemilihan skincare yang tepat.

Lah, memangnya skincare dan make up beda?

Sobat Malica, dulu saya juga nggak paham jika skincare dan make up itu tidaklah sama. Saya mengira, seperti bedak, pelembab, dan sejenisnya merupakan golongan make up, sekaligus skincare. Ternyata, saya salah.

Skincare dan make up ibarat saudara kembar, tetapi tidak sama. Bahkan cara mengaplikasikannya pada wajah pun berbeda.

Maka tak heran jika tidak sedikit masyarakat awam juga menganggap skincare dan make up itu sama. Padahal, skincare dan make up memiliki fungsi dan peranan yang berbeda untuk kulit. Poin kesamaannya adalah sama-sama bertujuan untuk membuat perempuan menjadi cantik.

Kamu mungkin Tertarik: Tips Merawat Kesehatan Kulit Usia 30 Plus

Yuk, Cari Tahu Perbedaan Skincare dan Make Up

Apa itu skincare?

Supaya tidak bingung dan tidak salah kaprah lagi, yuk cari tahu perbedaan skincare dan make up. Kamu juga tidak tampak kudet jika ada obrolan seputar skincare dan make up.

Beda Definisi, Beda Tujuan

Skincare tidak hanya terbatas untuk wajah, skincare juga mencakup perawatan seluruh tubuh. Sementara make up fokusnya cuma di wajah. Lagi, keduanya juga memiliki definisi yang berbeda.

Inilah tujuan dari Author blog katamalica.my.id, tepatnya ingin memberikan pencerahan perbedaan skincare dan make up.

Apa yang dimaksud skincare dan make up? Skincare memiliki arti perawatan, make up diartikan berdandan atau berhias. Inilah perbedaan dasarnya. 

Sudah terbayang, kan?

Lagi, skincare dan make up sama-sama memiliki beberapa macam jenis dengan fungsi yang berbeda. Contohnya, skincare untuk wajah terdiri dari sabun pencuci muka (face wash), toner, pelembab wajah (moisturizer), serum, tabir surya (sunscreen), krim siang dan krim malam, termasuk sheet mask.

Untuk make up ada foundation, BB cream, bedak, concealer, lipstik, maskara, pensil alis, eyeliner, eye shadow, juga blush on.

Tujuan penggunaan Skincare dan Make up pun berbeda. Penggunaan skincare lebih ditujukan untuk perawatan dan kesehatan kulit jangka panjang.

Jadi, serangkaian produk skincare yang digunakan tidak hanya berimbas untuk sekarang ini. Tapi juga untuk jangka waktu lima bahkan sepuluh tahun yang akan datang.

 

Perbedaan skincare dan make up
Contoh perawatan kulit alami

 

Sementara make up biasanya untuk mengubah dan menutupi salah satu, beberapa bagian, bahkan keseluruhan wajah sehingga tampak lebih baik. Sure, make up tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama karena bisa merusak kulit wajah. Benar, kan?

Dari Segi Waktu Pemakaian

Seringkali pemula bingung, apa saja skincare yang wajib dibeli? Kapan skincare digunakan?

Yup. Sobat Malica tidak sendiri. Saya dulu juga demikian. Untuk jenis skincare apa saja sudah dijelaskan di atas. Yang ternyata jenis skincare lumayan banyak.

Sementara waktu penggunaan skincare sendiri, kamu bisa melakukan perawatan sehat setiap hari, mulai dari pagi, siang, hingga malam menjelang tidur. Mulai dari pencuci muka yang digunakan di pagi dan sore hari, toner, serum, day krim (krim siang), eye cream, lip blam, sampai nigh cream (krim malam).

Sedangkan make up digunakan pada waktu tertentu. Kalau pun digunakan setiap hari saat bekerja, make up yang digunakan juga make up ringan. Sebelum tidur make up juga wajib dibersihkan.

Lalu, kamu juga harus tahu jika hasil penggunaan skincare juga tidak langsung terlihat. Misal, menggunakan krim siang dan krim malam, wajah tidak langsung glowing seketika.

Umumnya, produk skincare bisa terlihat hasilnya minimal 2 minggu. Tentu saja untuk skincare yang sudah terdaftar BPOM dan benar-benar aman digunakan untuk jangka panjang. Menggunakan skincare harus sabar, rutin, dan telaten. Tidak bisa ujug-ujug langsung ada hasil.

Nah, kalau make up akan terlihat hasilnya langsung setelah digunakan. Mau contoh sederhananya?

Tuh, para pengantin wanita yang sering membuat pangling di hari istimewanya. Tinggal pilih, mau make up yang flawless, western, smokey, bold, korean look atau natural.

Kamu Mungkin Tertarik: 8 Jenis Skincare Pemula untuk Kulit Kering yang Low Budget Banget

Skincare First, Make Up Next!

Kalau ada yang meminta milih antara skincare atau make up, kamu pilih mana?

Atau kalau ada yang nanya penting mana skincare atau make up?

Over all, menurut saya, skincare dan make up adalah dua hal yang tidak perlu dipilih, sama-sama penting.

Ibaratnya dua hal yang tidak dapat dipisahkan bagi perempuan yang ingin tampil cantik paripurna. Disadari atau tidak, skincare dan make up selalu digunakan, meski dalam konteks yang sederhana. Cuma memang daripada riweh fokus sama make up, lebih baik mendahulukan penggunaan skincare. Kenapa?

Berikut 3 alasan kenapa harus mendahulukan skincare dulu baru make up.

1. Make Up Hanya Menutupi, Sementara Skincare Memperbaiki

Contoh yang paling sederhana, bedak. Beda, dong, penampilan antara sebelum dan sesudah memakai bedak. Muka yang aslinya kusam, ada noda hitam, serta bekas jerawat akan tersamarkan dengan bantuan bedak, baik itu bedak tabur atau bedak padat. Setelah tersapu dengan bedak otomatis tingkat kepercayaan diri akan akan meningkat, bukan?

Apalagi, jika ditambah dengan polesan lipstik warna nude yang akan membuat bibir pucat terlihat segar merona. Selain enak dipandang, yang menggunakan juga pastinya happy.

Dari contoh di atas terlihat jika make up mampu menutupi kekurangan pada wajah dalam waktu yang singkat namun bersifat sementara. Noted, make up tidak mampu memperbaiki hanya menutupi, ya!

Nah, jika manfaat make up sekeren itu, lantas pentingkah skincare untuk tetap digunakan?

Sobat Malica, kamu perlu tahu, skincare mungkin tidak memberikan hasil kilat seperti sulap ala make up, tapi jika dilakukan dengan rutin, benar, dan intensif, sumber masalah yang ada pada kulit bisa diatasi. Jadi, tidak perlu lagi bedak tebal untuk menutupi muka kusam, noda hitam, atau bekas jerawat.

2. Skincare Membuat Kulit Sehat Sehingga Riasan Make Up Lebih Maksimal

Kondisi kulit yang sehat akan berpengaruh terhadap make up yang akan digunakan. Kulit yang sehat a.k.a. kulit normal, akan membuat make up lebih menempel tanpa perlu dempulan yang berlebih. Cukup sapuan tipis berupa bedak, blush on, eyeliner, serta eye shadow untuk menghidupkan area bagian mata. Hasil make up juga lebih maksimal karena tidak banyak menutupi kekurangan atau masalah pada wajah.

3. Skincare Meminimalisasi Penggunaan Make up

Percaya atau tidak, macam-macam skincare jika rutin digunakan bakal membuat wajah kita sehat. Saya ambil contoh sederhana, sejak rutin mengoleskan eye cream, kantung mata atau lingkaran hitam di bawah mata menjadi hilang. Padahal sebelumnya, kantung mata saya aduhai banget.  Seringnya begadang membuat mata saya tidak jauh berbeda dengan mata panda.

Nah, di sini sobat Malica bisa menyimpulkan bahwa dengan pemakaian eye cream rutin. Kamu tidak perlu repot-repot membeli concealer untuk menutupinya. Itu artinya make up yang digunakan semakin sedikit.

Contoh lain untuk wajah dengan tipikal berminyak. Jika salah memilih make up, wajah akan terlihat semakin berminyak dan mudah luntur.

Dengan penggunaan skincare yang rutin dan benar, kulit berminyak akan diatasi dari akar-akarnya. Keuntungan lain tentu saja make up yang semakin sedikit dan waktu yang semakin sedikit juga untuk berdandan.

Budget yang seharusnya digunakan untuk membeli make up untuk menutupi kekurangan kulit bisa dialihkan untuk membeli skincare perawatan kulit.

Kita ambil benang merahnya, ya! Ketika kulit sudah terawat dengan pilihan skincare yang tepat, maka pengaplikasian make up akan menjadi sederhana dan menyenangkan.

Tidak penting seberapa mahal rangkaian skincare yang digunakan sehari-hari atau seberapa banyak yang dipakai, jika tidak digunakan secara rutin dan telaten maka it doesn’t work alias tidak ada gunanya.

Finally, walau bukan sesuatu hal yang buruk, tapi kalau terus-terusan dan setiap saat kulit dihajar dengan make up yang berlebih guna menutupi kekurangan wajah, ya, pasti ada dampaknya bagi kesehatan.

Paling tidak, kamu paham apa perbedaan skincare dan make up secara basic. Lalu aplikasikan secara rutin dan sewajarnya. Be smart girl!