Web hosting untuk pemula – Hi, Kata Malica, sudah pernah mendengar istilah web hosting?

Saya pernah dibuat bingung perkara web hosting ini. Ada yang bertanya, gimana sih bentuknya web hosting? Penting nggak untuk blogger pemula?

Karena saya gaulnya dengan web developer sekaligus anak muda yang punya perusahaan hosting, jadi tertarik membuat artikel tentang web hosting.

Mungkin terkesan tidak penting untuk disimak. Tetapi ketika Anda sudah memutuskan serius menjadi blogger, web hosting untuk pemula itu penting untuk diketahui.

APA ITU WEB HOSTING?

Web hosting berkualitas

 

Secara kasat mata, ketika kita menyebut hosting seolah-olah seperti barang ghoib, di mana wujudnya tidak terlihat. Berbeda dengan domain, apabila seseorang bertanya, alamat domain blognya apa? Anda pasti cekatan menjawab alamat domain Anda. misal, katamalica.my.id Benar demikian?

Pada dasarnya, hosting bukanlah barang ghoib atau tidak tampak. Hosting itu berupa sebuah layanan yang berguna untuk menyimpan semua data yang ada di situs website Anda. Mulai dari data tulisan, foto atau gambar, audio, dan video yang sudah Anda posting di website.

Sampai sini sudah paham?

Atau jika masih bingung, coba saya umpamakan domain adalah alamat rumah. Sementara hosting adalah rumahnya. Sebagaimana fungsinya rumah, maka rumah bisa dijadikan tempat untuk menyimpan barang-barang berharga. Mulai dari kursi, tempat peralatan dapur, televisi dan banyak lagi. Nah, yang sebutkan barang-barang berharga tersebut sama dengan data-data yang ada di situs website kita. Inilah yang disebut hosting.

Sudah makin paham, kan? Oke, setelah tahu apa yang dimaksud dengan hosting. Saatnya Anda memahami bagaimana memilih web hosting terbaik dan terpercaya untuk pemula.

 

Wajib baca: Cara Menaikkan Domain Authority dengan Cepat

 

TIPS MEMILIH WEB HOSTING BERKUALITAS UNTUK PEMULA

Web hosting berkualitas

 

Sebagai pemula, memilih hosting memang tidak boleh sembarangan. Setidaknya Anda sedikit paham tentang apa itu hosting, kemudian tipe hosting, dan juga kelebihan serta kekurangan.

Nah, berikut tips memilih hosting bagus dan terpercaya yang bisa Anda renungkan sebelum memutuskan membeli.

  1. Perhatikan kualitas performa server
  2. Customer support 24 jam
  3. Memiliki Tim IT andal, tanggap, dan memahami problem konsumen
  4. Garansi uang kembali
  5. Menyediakan fitur tambahan sebagai jaminan keamanan data.
  6. Penyedia terpercaya yang dapat dilihat dari portofolio dan testimoni. Hati-hati, awas kena prank, ya!
  7. Memiliki fitur lengkap

LAYANAN WEB HOSTING MANAKAH YANG COCOK UNTUK PEMULA?

Dari penjelasan di atas, sepertinya teknologi web hosting terbaru dan sedang populer saat ini. Could hosting sangat cocok dijadikan pilihan oleh pemula. Could hosting atau ‘hosting awan’ ini ternyata menjanjikan sesuatu yang berbeda. Diantaranya:

  • Jika server jenis shared, vps, dan dedicated hosting masih menggunakan server fisik. Maka cloud hosting sudah memiliki server cloud yang canggih. Di mana Anda hanya membutuhkan koneksi internet stabil.
  • Kebanyakan bloger yang menggunakan server fisik seperti shared, vps, atau dedicated hosting lebih banyak mengandalkan teknisi jika terjadi masalah server. Maka, di cloud hosting Anda tidak terlalu membutuhkan teknisi untuk sekadar memantau server dan kestabilan koneksi.
  • Could hosting memiliki sistem akses yang cepat sehingga bisa dipantau di mana saja dan bisa menggunakan advice apa saja, misal di laptop maupun smarthphone Anda.
  • Jenis server fisik hanya menyediakan kuota terbatas yang sudah fix. Sementara could hosting sangat fleksibel dengan menyesuaikan kapasitas kebutuhan dan harga.
  • Could hosting hadir untuk memberikan solusi pada Anda yang memiliki trafik overload, tetapi takut website mengalami down. Nah, cloud hosting dengan teknologi cluster mampu menyelesaikan masalah tersebut. Dan apabila terjadi masalah overload pada salah satu server, website Anda pun masih bisa diakses dengan cepat. Karena server lain akan membantu back up masalah tersebut. Ini namanya back up resource.

 

Dari beberapa pemahaman tentang cloud hosting di atas, tentunya sangat membantu Anda yang saat ini masih pemula dan awam soal web hosting bukan? Semoga semakin tercerahkan ya.

Dan jika Anda ingin mencari web hosting lokal yang berbasis could hosting, Anda bisa cari tahu informasi di sahabathosting.com

semoga bermanfaat.

 

Web hosting murah