Hai, sobat kata Malica, apakah kamu coffee lovers?

Tahukah, minum kopi tak lagi identik dengan masyarakat yang usianya diatas 30 tahun. Saat ini minum kopi arabika sudah menjadi gaya hidup yang terkenal di segala lapisan umur. Namun, apa saja sih Manfaat Kopi Arabika untuk Kesehatan?

Karakteristik dari rasa kopinya ini mempunyai signature yang wangi, manis, berwarna coklat, serta sedikit masam. Sehingga membuat kopi arabika banyak sekali dibudidayakan oleh negara penghasil kopi termasuk Indonesia.

Manfaat Kopi Arabika Untuk Kesehatan

Di bawah ini ada beberapa manfaat Kopi Arabika untuk Kesehatan, yakni:

1. Meningkatkan Kapasitas Memori Otak

Kemampuan kafein dalam meningkatkan kognitif sudah banyak diketahui sebelumnya. Namun, manfaat kafein pada kopi arabika dapat meningkatkan kapasitas memori yang belum banyak diketahui. 

Walaupun begitu, sudah ada pembuktian beberapa orang meminum 200 mg kafein dan membuat ingatannya lebih kuat. Jika dengan dibandingkan dengan orang yang tidak menambahkan kafein. 

Kopi arabika mempunyai kadar kafein yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi robusta. Namun, jumlahnya bisa memenuhi kebutuhan kafein harian Anda.

2. Meningkatkan Mood dan Performa Kerja

Kafein dalam kopi arabika berguna sebagai stimulan ringan pada sistem saraf pusat. Bahkan, penelitian menyatakan di secangkir kopi arabica robusta ada kafein lebih yang banyak.

Kafein bisa memperbaiki kinerja otak, terutama perhatian serta konsentrasi. Dengan mengonsumsi kopi dapat meningkatkan kewaspadaan dan performa kerja sopir yang mengemudi semalaman. Minum kopi hangat di pagi hari dapat membantu Anda yang sedang jet lag atau begadang agar tetap produktif dan riang.

Bahkan, penelitian sudah menunjukkan bahwa kafein bisa meningkatkan kinerja memori, terutama ketika tugas yang membosankan. Namun, asupannya lebih tinggi untuk menurunkan kinerja, bahkan saat stimulasi berlebihan.

3. Mencegah Kerusakan Saraf dan Penurunan Daya Kognitif

Apabila Anda terbiasa mengkonsumsi kopi setiap hari dalam jangka waktu yang panjang. Maka Anda beruntung karena sudah dilindungi oleh kafein kopi tersebut. 

Karena kafein yang ada dalam jangka waktu yang panjang dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan kognitif. 

Apalagi untuk orang yang rentan terhadap gangguan neurodegeneratif. Salah satunya penyakit Alzheimer dan Parkinson, yang saat ini belum bisa diobati. Penurunan kemampuan kognitif dan memori akan menurun ketika umur 40 tahun. Hal ini dikarenakan adanya penuaan yang dihambat oleh kafein. 

Kafein memang dikenal bisa terangsang aktivitas motorik pada hewan dan manusia. Karena kafein dianggap sangat potensial untuk menunda dan mencegah penurunan kognitif terkait fisiologis dan usia.

4. Kafein dan Kesehatan Jantung

 Kebiasaan minum kopi sendiri dapat menurunkan resiko serangan jantung, stroke dan penyakit jantung koroner masing-masing 8%, 7% dan 5% lebih rendah. Apabila dibandingkan dengan orang yang tak minum kopi.

Kafein dalam dosis yang tinggi bisa meningkatkan sekresi hormon epinefrin yang berguna meningkatkan tekanan darah dan aktivitas jantung. Kafein bisa dikonsumsi dalam jumlah yang rendah dan berguna sebagai pelatih aerobik internal pada tubuh Anda. 

Kafein yang ada di dalam kopi arabika lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis robusta. Bahkan, sampai saat ini kopi arabika lebih aman dikonsumsi tanpa harus cemas tekanan darah Anda akan naik terlalu tinggi. 

Itulah manfaat Kopi Arabika untuk Kesehatan. Jika Anda berniat untuk menambahkan kafein didalam kopi, sebaiknya jangan terlalu sering. Karena jika berlebihan pun tak akan baik untuk tubuh. Usahakan minum kopi secukupnya saja.