Tips Mencuci Mobil Agar Bersih Secara Tepat dan Cepat

Buat kamu yang memiliki mobil, berikut ini adalah tips mencuci mobil agar bersih dengan cepat dan tepat.

Mencuci mobil merupakan salah satu upaya dalam merawat mobil. Selain itu kondisi mobil yang bersih tentu akan memberikan kenyamanan bagi sopir maupun penumpang.

Cara mencuci mobil agar bersih dan mengkilap sebenarnya suatu hal yang mudah dilakukan. Kamu hanya memerlukan beberapa peralatan seperti sapu kecil, kemoceng, spons, kanebo, sikat, dan sabun.

Selain itu kamu juga harus memastikan bahwa stok air berlimpah sehingga bisa digunakan untuk mencuci mobil. Jika kamu keberatan untuk menangani mobil, kamu juga bisa lho menggunakan https://otoklix.com.

Tips Mencuci Mobil agar Hasil Maksimal

Mobil yang bersih tentu menggambarkan kepribadian dari pemiliknya. Oleh sebab itu mencuci mobil merupakan suatu hal yang perlu untuk dilakukan. Langkah mencuci mobil agar bersih adalah sebagai berikut.

Mengapa Mobil Perlu Dicuci?

Sebelum membahas bagaimana cara mencuci mobil agar bersih maksimal sebaiknya kita bahas manfaatnya terlebih dahulu. Selain agar bersih dan nyaman digunakan, mencuci mobil juga berfungsi sebagai langkah perawatan komponen mobil terutama cat body. Memahami tips mencuci mobil tentu akan sangat bermanfaat pada kegiatan ini.

Setelah melakukan perjalanan jauh, mobil sebaiknya segera dicuci baik itu dilakukan sendiri maupun dibawa ke salon kendaraan. Hal itu karena kotoran dan debu banyak yang menempel pada body mobil. Jika tidak segera dibersihkan maka kotoran tersebut akan menempel lebih erat dan sulit untuk dibersihkan.

Mencuci mobil pada musim hujan tentu sesuatu yang menyebalkan dan kebanyakan orang malas untuk melakukannya. Namun tahukah kamu bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang salah?

Air hujan memiliki kadar oksigen tinggi sehingga menyebabkan air hujan bersifat korosif. Tentu hal ini akan memberikan dampak tidak bagus bagi bodi kendaraan yang notabene terbuat dari aluminium.

Persiapan Sebelum Mencuci Mobil

Peralatan yang perlu disiapkan sebelum mencuci mobil yakni busa, kanebo, penyemprot, ember, shampo khusus mobil, dan semir ban. Apakah semua peralatan tersebut harus ada? Tentu saja tidak namun dengan adanya alat tersebut memungkinkan untuk mendapatkan hasil cucian yang maksimal.

Tips mencuci mobil agar bersih dan tidak menimbulkan goresan adalah menyemprotnya dengan air. Dengan semprotan air yang sedikit kencang memungkinkan untuk menghilangkan kotoran seperti debu dan lumpur. Selain itu dengan alat tersebut kita juga bisa membersihkan bagian yang sulit dijangkau.

Jangan lupa untuk menggunakan shampo khusus mobil serta menggunakan spons yang berbahan lembut. Alasan menggunakan shampo khusus adalah agar cat pada bodi mobil tidak rusak terkelupas. Menggosok bodi mobil dengan busa yang lembut bertujuan agar tidak menimbulkan goresan pada mobil.

Cara Mencuci Mobil dengan Baik

Tips mencuci mobil yang wajib kamu lakukan adalah menyemprot seluruh bodi mobil dengan air. Hal itu guna melakukan membersihkan debu dan kotoran yang menempel.

Mengatasi kotoran membandel tentu akan lebih praktis bila menggunakan alat penyemprot dibandingkan dengan hanya bermodal aliran pada kran. Selain itu membersihkan mobil dengan cara menyemprot merupakan pilihan bijak sebagai antisipasi. Sehingga tidak menimbulkan goresan akibat gesekan kotoran yang menempel.

Setelah itu basuh badan mobil dengan menggunakan shampo khusus mobil serta gunakan busa dengan bahan yang memungkinkn tidak enyebabkannv terjadnya goresan. Gosoklah dengan cara naik turun sehingga bila ada kotoran atau debu yang menempel tidak akan menimbulkan goresan pada cat mobil. Jangan lupa untuk membasuh bagian velg dan roda serta bagian lain yang sedikit nyempil.

Tahap selanjutnya yakni membilas mobil dengan cara menyemprot dengan air bersih secara merata sehingga tidak ada busa yang tertinggal. Biarkan beberapa saat hingga agak tiris kemudian keringkan dengan menggunakan kanebo atau kain khusus yang memiliki kemampuan untuk menyerap air.

Jangan lupa untuk membersihkan interiornya dengan cara menyapu bagian yang masih sangat kotor. Kamu juga perlu  mengelapnya dengan kain agak basah.

Finishing

Langkah ini merupakan tips mencuci mobil yang dilakukan agar hasil cucian mobil menjadi maksimal.

Tahap finishing antara lain semir ban mobil serta menyemprotkan cairan agar bodi mobil semakin mengkilap. Untuk semir ban ada beberapa perlakuan tergantung jenis semir. Ada yang model semprot ada pula yang dioleskan dengan menggunakan kuas.

Setelah mencuci dan membersihkan interior mobil ada baiknya kamu membuka seluruh pintu mobil. Hal itu agar bagian interior mobil yang masih basah bisa mengering dengan sendirinya. Lakukan hal ini selama 15 menit hingga 1 jam.

Ciri Shampo yang Bagus

Shampo yang bagus adalah yang memiliki pH seimbang sehingga tidak menimbulkan bekas pada mobil. Tentu kita sangat kesal ketika selesai mencuci justru ada bentol-bentol bekas shampo yang tertinggal. Oleh sebab itu, kita harus memperhatikan informasi yang tertera pada label kemasan produk.

Selain harus memperhatikan pH dalam memilih shampo haruslah yang memiliki daya cuci yang baik untuk mencegah adanya lecet pada bodi mobil saat mencuci. Hal lain yang perlu menjadi pertimbangan adalah adanya kandungan brightening agent pada shampo. Kandungan ini berfungsi untuk membuat mobil menjadi lebih mengkilap setelah dicuci.

Tips mencuci mobil ini merupakan salah satu sarana untuk melakukan perawatan berkala pada kendaraan. Jika kamu tidak begitu yakin dengan kemampuanmu atau tidak memiliki waktu untuk mencuci maka bisa menggunakan jasa salon mobil. Salah satu salon adalah mitra bengkel Otoklik. Selain menyediakan jasa cuci mobil bengkel ini juga bisa memperbaiki berbagai permasalahan pada mesin.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.