Sering Mengalami Sakit Gigi? Inilah 5 Penyebabnya!

Semua mungkin akan setuju jika sakit gigimemang sangat mengganggu aktivitas keseharian bahkan merusak mood untuk melakukan kegiatan.

Pasalnya, jika sedang sakit gigi akan memicu telinga dan kepala juga menjadi tidak nyaman atau sakit.

Sakit gigi bisa dialami oleh berbagai orang tanpa kecuali. Ada beberapa faktor penyebab sakit gigi. Jika Anda telah mengetahui penyebabnya, maka akan lebih mudah untuk menyembuhkannya.

5 Penyebab Sakit Gigi

Penyebab sakit gigi memang beragam, salah satunya yakni gigi berlubang. Selain itu, sakit gigi juga disebabkan oleh beberapa masalah pada gigi.

Nah, berikut ini 5 penyebab sakit gigi yang paling umum dialami oleh banyak orang

1. Karies Gigi atau Lubang Gigi

Salah satu penyebab sakit gigi adalah karies atau lubang yang ada di gigi. Karies ini diakibatkan oleh adanya proses demineralisasi yang terjadi secara terus-menerus.

Proses ini menyebabkan lapisan anamel dan lapisan dentin gigi mengikis kemudian menyebabkan lubang.

Ada beberapa faktor penyebabnya yakni bakteri, plak gigi ataupun mengkonsumsi makanan atau minuman manis yang terlalu sering.

2. Penyakit Gusi atau Gingvitis

Penyakit gusi dapat diakibatkan oleh adanya plak gigi yang tebal kemudian menyebabkan timbulya radang gusi atau gingvitis.

Penyakit gusi yang tidak segera ditangani akan menimbulkan radang gusi berdarah atau disebut periodentitis. Lebih parah dapat menyebabkan abses pada gigi dan merusak jaringan lain.

3. Gigi Sensitif

Pemicu sakit gigi yang berikutnya yakni gigi sensitif. Gigi sensitf ini terjadi karena garis gusi yang turun dan akar gigi yang terekspos ke luar. Bisa juga terjadi karena penipisan lapisan enamel pada gigi.

4. Kekurangan Kalsium

Kekurangan kalsium menjadi salah satu penyebab sakit gigi yang jugaumum diderita oleh orang kebanyakan. Oleh karena itu, tubuh harus tercukupi akan kebutuhan kalsium.

Adapun makanan yang banyak mengandung kalsium yakni bayam, alpukat, susu kedelai, jeruk, ikan salmon, sarden dan masih banyak lagi.

5. Tambalan Gigi yang Terlepas

Tambalan gigi yang terlepas juga bisa menjadi salah satu oemicu sakit gigi. Pasalnya, tambalan yang terlepas menjadikan gigi kembali berlubang dan menyebabkan sisa-sisa makanan masuk ke dalamnya. Inilah yang akan memicu sakt gigi.

Cara Ampuh Cegah Sakit Gigi

Sebelum merasakan pedihnya sakit gigi, ada baiknya untuk melakukan berbagai pencegahan agar gigi menjadi sehat dan tidak sakit. Nah, inilah beberapa langkah mencegah sakit gigi

1. Jaga kebersihan gigi dan mulut

Rutin menyikat gigi 2 kali sehari saat pagi dan malam hari dapat membantu membersihkan rongga mulut dan mencegah gigi sakit.

Nah, Anda juga disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride seperti Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang.

Pepsodent ini mengandung active micro-calcium dan pro-fluoride complex yang membantu perlindungan maksimal mencegah gigi berlubang.

2. Kurangi makanan dan minuman dengan rasa manis berlebihan

Tidak hanya membantu gigi menjadi lebih sehat, mengurangi makanan manis berlebihan dapat membuat tubuh jauh lebih sehat.

3. Berkumur dengan obat kumur

Berkumur dengan obat kumur atau mouthwash seperti Mouthwash Sensitive Expert Atibakteri dari Pepsodent yang berfungsi menngangkat sisa makanan dan membantu nafas menjadi lebih segar.

Sebelum terlanjur sakit gigi, ada baiknya untuk melakukan pencegahan sebaik mungkin.

Anda dapat mempercayakan kesehatan gigi dan mulut dengan produk pasta gigi dan mouthwash dari Pepsodent yang telah teruji akan kualitasnya.

Usir jauh-jauh penyebab sakit gigi dengan Pepsodent. Anda dapat menemukan berbagai produk pasta gigi dan mouthwash Pepsodent di toko-toko terdekat maupun berbagai marketplace. Yuk, mulai jaga kesehatan gigi dan mulut.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *