Berbagai Cara Unik untuk Donasi Digital yang Wajib Kamu Tahu

Banyak platform donasi digital yang ada di Indonesia membuat masyarakat yang ingin berbagi ataupun menggalang dana bisa semakin mudah.

Selain itu, berbagai cara unik penggalangan dana juga lebih beragam, seperti menyelenggarakan acara yang seru.

Nantinya, para peserta acara memberikan donasi pada saat proses kegiatan penggalangan donasi digital berlangsung.

Cara Unik Donasi Digital

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, donasi digital membuat acara galang dana yang kamu lakukan menjadi lebih menarik dan masif. Berikut ini ada beberapa contoh cara unik donasi digital:

Event Galang Dana Online

Event galang dana biasanya dijalankan secara langsung, misalnya yang paling sering dilakukan adalah color run, konser bertajuk penggalangan dana, penanaman seribu pohon, dan lainnya.

Namun, sejak adanya pandemi Covid-19 yang menyerang dunia ini, semua acara dilakukan secara remote.

Meskipun acara galang dana seperti contoh-contoh tersebut tak mungkin dilakukan secara online, nyatanya banyak pihak yang menyelenggarakan dan tetap sukses mengumpulkan dana sesuai target mereka.

Kita ambil contoh seperti konser penggalangan dana yang dilakukan secara online.

Dengan hadirnya banyak platform digital, tentu cara ini tak akan sulit dilakukan.

Kamu dan tim hanya perlu menyiapkan set lengkap dengan kamera untuk merekam dan perangkat yang akan membantumu untuk mendapatkan streaming video.

Di waktu yang sama, donatur bisa menonton pertunjukkan musik yang kamu adakan dan memberikan donasi digital.

Ada banyak cara kirim donasi digital, kamu bisa gunakan QR Code yang dimunculkan di layanan streaming saat penonton menikmati acara tersebut, menulis nomor rekening, atau dengan bantuan platform donasi digital.

Selain acara konser, event yang sering dilaksanakan untuk galang dana adalah olahraga, di mana donatur akan melakukan target sesuai dengan yang sudah ditentukan, seperti lari 5 km dalam waktu satu minggu atau bersepeda hingga berenang.

Peserta galang dana tersebut bisa melakukannya sendiri di rumah masing-masing tanpa harus berkerumun.

Menggunakan aplikasi tracking akan membantu acara galang dana yang kamu selenggarakan.

Buka Galang Dana di Platform

Banyak platform donasi digital di Indonesia yang bisa kamu pilih untuk membuka galang dana.

Sebelum menentukan platform yang kamu gunakan, pastikan kamu sudah mengkaji platform tersebut terkait transparansi dana yang mereka lakukan dan aspek-aspek lainnya.

Platform donasi digital tersebut pun akan mempermudah kamu untuk menghitung dana yang diterima karena biasanya akan secara otomatis menunjukkan sudah berapa persen dana yang terkumpul dengan targetmu.

Sementara itu, pihak donatur juga akan terasa sangat terbantu. Mereka tak perlu pergi keluar rumah untuk berbagi, hanya membuka platform dan mencari sesuai dengan keinginan hati.

Platform digital yang baik akan memberikan laporan secara terbuka dan jujur kepada donatur, sehingga donatur selalu tahu apakah dana sudah disalurkan atau belum.

Donasi dengan Blockchain

Pembayaran secara digital bisa dilakukan dengan blockchain, yang kini sudah dapat kamu gunakan sebagai metode pembayaran untuk donasi digital.

Blockchain adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk menyimpan data bank secara digital dan sering dihubungkan dengan kriptografi.

Blockchain dinilai akan memberikan laporan lebih transparan, sehingga menghindarkan dari penggelapan dana.

Salah satu platform donasi digital di Indonesia yang dapat mengakomodasi penggalangan dana dengan teknologi blockchain adalah Ayobantu.

Platform ini pernah membantu perusahaan Indodax untuk melelang aset NFT berupa potret lukis dari figur CEO-nya, Oscar Darmawan.

Hasil penjualannya diberikan pada pesantren Qoryatussalam untuk membantu kegiatan belajar para santriwati programmer di sana.

Selain Ayobantu, ada pula platform BeKind yang juga melakukan penggalangan dana berbasis blockchain dengan cara menciptakan NFT-nya sendiri.

Uang yang dihasilkan dari hasil jual NFT yang disediakan BeKind akan digunakan sebagai uang penggalangan dana untuk donasi.

Lelang Barang

Lelang barang dipercaya menjadi cara untuk dapatkan dana dengan waktu yang sangat cepat. Kamu bisa lelang dana secara online di media sosial.

Namun, tentu saja ini akan lebih menyulitkan jika followers-mu tidak banyak.

Maka dari itu, kamu bisa menggunakan platform donasi digital yang menyediakan fitur lelang barang untuk donasi.

Ayobantu juga memiliki fitur lelang barang untuk donasi digital. Di Ayobantu, akan ada update real time lelang yang bisa kamu lihat di dashboard.

Selain Ayobantu, terdapat pula platform lelang barang yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara bernama Lelang Indonesia.

Berbeda dengan Ayobantu yang hanya menyediakan kegiatan lelang barang secara online, Lelang Indonesia juga memiliki jadwal lelang barang offline.

Hal ini karena Lelang Indonesia juga menyediakan jadwal lelang barang di seluruh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang tersebar di seluruh Indonesia. Informasi jadwal leang pun dapat kamu akses melalui laman resmi Lelang Indonesia.

Kini, kamu tentunya sudah tahu apa saja platform yang menyediakan proses penggalangan dana unik.

Selain Lelang Indonesia dan Ayobantu, ada banyak lagi platform untuk kegiatan sosial lainnya yang menyediakan kegiatan lelang barang sebagai bentuk donasi digital.

Sudah siap untuk donasi digital dengan mudah berkat kemajuan teknologi saat ini?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.