9 Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Sebelum membeli asuransi mobil, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu beberapa tips memilih asuransi mobil yang tepat.

Sebab, ada beberapa jenis asuransi mobil dengan manfaat yang berbeda. Jadi, jika kamu memilih jenis asuransi mobil yang salah, maka manfaat yang kamu terima jadi tidak maksimal. 

Asuransi mobil adalah produk yang bisa memproteksi finansial kamu dari risiko kerugian karena kerusakan mobil atau kehilangan mobil. 

Berikut ini beberapa tips memilih asuransi mobil yang tepat agar kerugian yang kamu alami nanti bisa diminimalisir. 

Tips Memilih Asuransi Mobil yang Baik

Tips memilih asuransi mobil

Mengingat saat ini ada beberapa jenis asuransi mobil, tentu saja membuat kamu bingung dan dilema ingin pilih yang mana. Terlebih, masing-masing menawarkan keunggulan sendiri. 

Untuk itu, kamu bisa temukan berbagai cara memilih asuransi mobil yang baik pada penjelasan berikut ini.

Melakukan Survei

Sebelum memilih produk asuransi mobil, tahap pertama kali yang tidak boleh dilewatkan sama sekali ialah melakukan survei terlebih dahulu. 

Perusahaan asuransi dengan kualitas terbaik biasanya punya jumlah nasabah melimpah dan platform onlinenya juga dikunjungi banyak orang.

Bukan tanpa alasan perusahaannya dikunjungi banyak orang, tentu apalagi kalau bukan karena kualitas produk yang tinggi. Maka dari itu, kamu perlu cermati ini dengan teliti dan bandingkanlah dengan perusahaan lain.

Kamu bisa membuat daftar perusahaan asuransi yang hendak dikunjungi untuk mempermudah pencarian produk asuransi. Ini juga bertujuan agar tidak ada perusahaan asuransi terbaik yang terlewatkan.

Memilih Produk yang Sesuai

Janganlah terlalu cepat mengambil keputusan, kamu tidak boleh gegabah jika ternyata produk yang dipilih tidak tepat. Untuk itu, berilah waktu diri sendiri untuk mencari tahu manakah produk yang paling tepat untuk mobilmu.

Mungkin dari beberapa asuransi, produknya akan terlihat sama. Namun, percayalah, jika kamu mau mencari informasi lebih detail, pastinya bisa ditentukan produk yang paling tepat.

Di samping itu, pastikan juga kamu telah mengetahui berbagai keuntungan dan bentuk perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi. Sehingga, tidak merugikan kamu di masa mendatang.

Melakukan Perbandingan

Memilih asuransi mobil yang tepat tidak cukup hanya dengan mengetahui satu produk saja. Ini sudah pasti tidak akan efektif, karena kamu sendiri tidak tahu apa kelebihan yang dimiliki produk lain.

Itu sebabnya, sangat penting bagi kamu untuk melakukan perbandingan produk yang sama, tetapi dari perusahaan asuransi berbeda.

Dengan begitu, kamu bisa tahu layanan asuransi perusahaan manakah paling tepat dan cocok untukmu.

Nah, untuk melakukan tips memilih asuransi mobil ini, kamu bisa datangi perusahaan asuransi tersebut atau cukup memantau lewat situs resminya saja di internet.

Jangan Lupa Baca Kontrak Kerjasama dengan Cermat

Kamu tidak boleh asal menyetujui kontrak yang diajukan oleh pihak asuransi. Akan tetapi, sebelum menandatanganinya, bacalah dengan cermat apa isi dari kontrak kerja sama tersebut.

Kontrak juga berisikan kesepakatan pembayaran premi dan klaim asuransi. Jadi jika ingin berjalan sesuai dengan yang diinginkan, pastikan sudah ada kesepakatan yang jelas antara keduanya.

Memiliki Jaringan Bengkel Rekanan yang Banyak

Kamu juga perlu pastikan bahwa perusahaan asuransi yang dipilih punya jaringan bengkel rekanan yang cukup luas, begitu juga dengan kualitas dan lisensi yang baik.

Apabila jaringan bengkel yang dimiliki luas, tentu ada banyak pilihan bagi kamu saat menentukan bengkel tempat kendaraan diperbaiki.

Contohnya seperti, lokasi yang lebih mudah dijangkau, bengkel berlisensi, serta mempunyai standar perawatan dan suku cadang yang lumayan tinggi.

Mempertimbangkan Rekomendasi Pihak Dealer

Apabila kamu hendak membeli produk asuransi saat sedang mengajukan kepemilikan mobil, mungkin tak ada salahnya mempertimbangkan rekomendasi dari pihak dealer itu sendiri.

Ini karena, pihak dealer jauh lebih tahu manakah perusahaan asuransi mobil yang cocok untuk kliennya dan tentunya bisa dipercaya.

Akan tetapi, ini bukan berarti kamu harus selalu mengikuti rekomendasinya. Melainkan, kamu harus cari sendiri lalu lakukan perbandingan antara produk rekomendasi dealer dengan yang ditemukan.

Menyediakan Akses Pelayanan yang Lengkap

Seperti yang kita tahu, akses pelayanan adalah faktor terpenting yang perlu kamu pertimbangkan ketika membeli asuransi mobil. Akses ini mencakup kemudahan pelanggan untuk menghubungi layanannya, terutama saat keadaan darurat.

Dengan demikian, jika ada kecelakaan atau hal lainnya, tentu bisa diurus segera. Sebagai rekomendasinya, kamu bisa memilih perusahaan asuransi dengan layanan call center hingga 24 jam.

Sesuaikan dengan Budget

Jika menggunakan asuransi, sudah pasti kamu akan bergelut dengan premi. Nah, besaran premi sendiri sangat mempengaruhi manfaat dan perlindungan yang didapatkan nantinya.

Sudah pasti siapa saja ingin mendapatkan layanan asuransi terbaik, tentu dengan premi terbaik pula. Akan tetapi, di luar hal tersebut, kamu juga harus pertimbangkan berapakah budget yang dialokasikan untuk asuransi.

Kamu tidak boleh terlalu memaksakan diri mengambil premi yang terbilang besar, tetapi ternyata di luar kesanggupan kamu membayar. Ini hanya membuat keuangan jadi berantakan dan bisa mengakibatkan keterlambatan pembayaran premi.

Mencari Tahu Kebutuhan Mobil

Memilih asuransi mobil yang baik dapat dilakukan dengan mengetahui kebutuhan mobil kamu. Misalkan seperti kondisi mesin, usia, body, dan sebagainya.

Dengan mengetahui kondisi kendaraan, maka lebih mempermudah kamu dalam memilih jenis asuransi mobil yang paling tepat.

Seperti yang kita tahu, bahwa setiap jenis asuransi punya manfaat dan keuntungan berbeda-beda, jadi pastikan kamu sudah paham betul apa yang dibutuhkan kendaraanmu.

Karena asuransi akan menjadi perlindungan atas kerugian finansial yang dialami di masa depan, tentu tidak boleh membeli produk asuransi yang sembarangan.

Nah, sebagai tips memilih asuransi mobil, kamu bisa memilih produk asuransi mobil dari Simas Insurtech. Jaminan produk asuransi yang berkualitas dan siap melayani kamu kapan pun.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.