Single Mom Merdeka Finansial dengan Aplikasi Saham Terbaik, Stockbit

Jangan tersesat terlalu lama. Kegagalan bukan Akhir Segalanya. Mungkin saya telah gagal menyandang predikat istri. Tetapi bukan berarti, saya gagal juga menjadi ibu hebat di mata anak-anak. 

Kata bijak di atas saya tulis 2 tahun lalu ketika saya menyadari bahwa pengelolaan keuangan saya buruk sekali. Soal keuangan inipun menjadi salah satu penyebab retaknya hubungan saya dan mantan suami.

Ya, meskipun tidak semua penyebab rumah tangga hancur adalah masalah finansial ataupun ekonomi.

Namun setidaknya, sejak awal pernikahan sudah wajib melakukan pembahasan soal keuangan bersama pasangan.

Aplikasi saham terbaik

Itulah kenapa, saya langsung mengambil tindakan cepat untuk berubah lebih baik terkait kelola keuangan demi masa depan anak-anak. Karena apa?

Sederhana banget alasannya. Karena saya ingin anak-anak mendapatkan hak mereka.

Meskipun ibunya menjadi single mom dan saat ini tidak memiliki pekerjaan tetap, yakni hanya seorang freelance blogger, tidak ada yang mustahil jika saya bisa memberikan pendidikan terbaik buat mereka.

Tidak ada yang nggak mungkin jika saya bisa menyiapkan dana yang cukup untuk masa depan kelak, bukan?

Salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan melek literasi keuangan dan mulai melirik aplikasi saham terbaik di Indonesia.

Nah, literasi keuangan seperti apa yang saya pahami dan praktikkan sebagai single mom? Dan aplikasi saham terbaik apa yang saya lirik? Saya akan kupas dalam artikel di blog katamalica.net kali ini.

Contents

Apa Itu Literasi Keuangan?

Aplikasi saham terpercaya

 

Mungkin Anda bertanya, kenapa sih susah-susah memahami literasi keuangan? Mau Kelola keuangan, ya tinggal membuat pengelolaan keuangan tiap pos saja kan?

Pemahaman seperti di atas lah yang menurut saya keliru. Sebab, Kelola keuangan tidak sekadar membagi budget pada setiap pos keuangan.

Setidaknya Anda harus memahami tentang tabungan pendidikan, kelola dana pensiun, penggunaan utang yang benar, investasi, dan lainnya.

Tapi nggak heran juga jika masih ada masyarakat Indonesia yang salah kaprah tentang makna literasi keuangan.

Berdasarkan data survey nasional dan inklusi keuangan (SNLIK) pada tahun 2019 menunjukkan jika indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia hanya sebesar 38,03% dari jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa.

Artinya, yang memang benar-benar melek literasi keuangan baru sekitar 30%. Selebihnya ke mana? 70% memang butuh sekali edukasi tentang keuangan.

Maka, di sini saya ingin meluruskan bahwasanya pengertian literasi keuangan adalah suatu rangkaian proses atau kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan (knowledge), ketrampilan (Skill) dan keyakinan (confidence) agar mampu mengelola keuangan pribadi dengan baik.

Jika Anda sudah paham makna tersebut, maka bisa dipastikan Anda akan tahu jika tujuan dari mengumpulkan uang, sejatinya bukan untuk mencapai kekayaan saja. Melainkan juga bisa tepat mengelolanya.

Lantas, Apa Manfaat dari Perempuan Melek Literasi Keuangan?

Sebagai ibu tunggal mempelajari konsep dasar literasi keuangan memang wajib.

Saya merasakan betul manfaat dari melek literasi keuangan. Setidaknya, ada beberapa manfaat yang saya dapatkan setelah pelan-pelan saya bijak dalam Kelola keuangan. Antara lain:

1. Selalu Siap untuk Saat Terburuk

Saya tidak pernah tahu bagaimana nasib saya di beberapa tahun ke depan. Apakah pekerjaan saya sebagai freelance blogger akan masih tetap selancar sekarang?

Dengan saya sudah merancang literasi finansial dalam kehidupan sehari-hari, setidaknya saya sudah siap dengan kondisi terburuk.

Sebab, saya sudah menyiapkan dana darurat di masa depan sehingga saya nggak kerepotan apabila nanti saya mendadak sepi job atau tidak bekerja lagi.

Ibaratnya, saya sudah sedia payung sebelum hujan turun. Mental saya sudah terdidik, sekalipun saya berada dalam kondisi terburuk.

2. Tidak Pelit dengan Diri Sendiri dan Orang Lain

Tidak selamanya uang yang kita dapatkan melulu untuk kesejahteraan keluarga. Benar?

Sebab faktanya, saya juga perlu menyiapkan budget untuk diri sendiri. Budget di sini memang saya anggarkan sebagai reward untuk menyenangkan diri, akan tetapi tidak selalu saya keluarkan setiap bulannya.

Tak hanya mengeluarkan budget dana untuk diri sendiri. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, saya tidak lagi merasa “eman” berbagi dengan orang lain. Atau dengan kata lain, saya lebih ringan tangan dan nggak mikir-mikir buat berbagi rezeki dengan orang lain.

3. Tidak Menyediakan Budget untuk Berutang atau Memberikan pinjaman Utang

Say No untuk berutang maupun memberikan pinjaman pada orang lain.

Selain menambah beban finansial, melakukan peminjaman uang atau meminjamkan uang akan membuat Anda lebih terbebani bagaimana cara melunasinya.

Jika memang tidak benar-benar terpaksa, maka sebisa mungkin menghindari utang untuk kebutuhan konsumtif.

Dan yang paling penting, jika memang pengelolaan keuangannya tidak tercantum dana untuk dipinjamkan, maka jangan segan untuk menolak jika ada teman ataupun kerabat meminjam uang.

4. Lebih Melek dengan Investasi untuk Merdeka Finansial di Masa Depan

Memahami konsep dasar literasi keuangan, saya jadi paham pula bagaimana uang bisa bekerja untuk kita nantinya, yakni dengan cara mulai berani berinvestasi.

Investasi di sini pun tujuannya adalah sebagai dana pensiun. Sebab saya pernah mendengar kalimat jika ingin bekerja selamanya, maka investasi tidaklah penting. Tetapi jika tidak ingin selamanya bekerja, maka siapkan dana investasi agar bisa pensiun lebih Bahagia di hari tua.

4 Pos Keuangan Wajib Bagi Single Mom Agar Merdeka Finansial

Aplikasi saham terbaik untuk pemula

Masalah keuangan dalam sebuah keluarga bisa menjadi persoalan serius. Apalagi bagi seorang single mom yang harus menghandle semua sendiri.Dengan pengaturan yang tepat, hal tersebut tidak perlu terjadi.

Setelah belajar konsep literasi keuangan, saya jadi tahu bahwa poin utama kebahagiaan hidup adalah keuangan keluarga stabil. Tak harus kaya, tetapi setidaknya dana yang Anda butuhkan, Anda sudah  mengelolanya di pos masing-masing.

Nah, sebagai ibu tunggal, saya memiliki 4 Pos keuangan yang wajib terisi setelah gaji freelance saya terima.

Dana Darurat

Setelah kebutuhan pokok, pos keuangan yang wajib saya punya adalah dana darurat.

Dana ini wajib saya siapkan karena kebutuhan tidak bisa saya prediksi.

Saya lakukan konsisten setiap mendapat penghasilan harus menyisihkan sekian % sebagai dana darurat.

Seperti namanya, dana ini hanya boleh digunakan untuk kepentingan yang benar-benar mendesak.

Jenisnya berbeda, tergantung dari kondisi masing-masing. Sedangkan besar yang perlu disisihkan juga menyesuaikan dengan pendapatan dan kebutuhan.

Dana Kesehatan

Meski saat ini hampir semua keluarga mempunyai jaminan kesehatan dalam bentuk BPJS, namun menyiapkan dana kesehatan sangat penting.

Saya tidak tahu, kapan anak sakit dan apakah biaya pengobatannya dicover oleh BPJS.

Sedangkan pengobatan merupakan kebutuhan yang tidak boleh ditunda, bukan?

Dan saya pasti ingin melihat anak-anak selalu sehat dan tidak akan membiarkan mereka sakit tanpa pengobatan yang sesuai. Karena itu, dana untuk kesehatan sangat penting.

Nggak hanya untuk kesehatan anak-anak, saya juga menyiapkan dana kesehatan untuk diri sendiri. Sebab kenapa?

Sebagai orang tua tunggal, saya harus tetap sehat. Keberadaan sebagai pencari nafkah untuk anak-anak dan merawat mereka sangat penting. Karena itu menjaga kesehatan sendiri pun tidak boleh diabaikan.

Dana Pendidikan

Biaya pendidikan setiap tahun naik cukup signifikan. Saya pribadi tentu ingin anak-anak mendapatkan pendidikan terbaik. Sedangkan uang yang harus dikeluarkan untuk hal tersebut tidak bisa diprediksi.

Selain itu, saya juga belum tahu nanti anak-anak akan memilih pendidikan dimana.Bisa saja pilihan tersebut membutuhkan biaya yang jauh lebih tinggi dari prediksi.

Dengan menyediakan dana pendidikan, maka kekhawatiran mengenai masa depan anak-anak bisa teratasi.

Investasi Saham

Setiap tahun laju inflasi mencapai lebih dari 10%. Aset yang sekarang dimiliki, nilai tukar secara finansial bisa mengalami penurunan.Untuk mengantisipasi, caranya dengan berinvestasi saham. Pilihlah produk yang aman dan menguntungkan.

Untuk urusan investasi, saya memang sedang mencari.Dan Alhamdulillah, saya sudah menemukan aplikasi saham terbaik. Stokbit sebagai aplikasi saham terbaik dan terpercaya yang akan membantu saya merdeka Finansial.

Kenapa Memilih Saham Agar Merdeka Finansial?

“Memang nggak ada cara lain untuk merdeka Finansial selain berinvestasi saham?”

Selain ingin mengikuti jejak para pemain saham perempuan seperti Ellen May, Saya sendiri kenapa memilih saham bukan yang lainnya agar merdeka Finansial. Sebab, saya ingin memiliki passive income di hari tua nanti.

Jujur, sebagai Single mom, tentu saya tidak mau bekerja sampai tua. Saya ingin menikmati hidup saat anak-anak sudah dewasa nanti.

Dan cara menikmati hidup ala saya adalah dengan menabung investasi saham mulai sekarang.

Konon, investasi saham adalah cara menabung jangka panjang, juga bisa menjadi passive income.

Karena saham-saham yang sudah dibeli, semakin tahun akan semakin berkembang. Kita bisa menjual saham tersebut saat harganya naik.

Nah, ketika penjualan saham naik, keuntungan pun didapatkan. Inilah yang nantinya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok dan lainnya.

Maka benar adanya ungkapan biarkan uang bekerja untukmu, sekalipun kamu sedang beristirahat.

 

Dari kelebihan saham di atas, saya jadi yakin untuk terjun ke dunia investasi saham lebih cepat.

Namun yang jadi pertanyaan, apa langkah awal yang saya lakukan agar tidak terjebak investasi bodong? Aplikasi saham terbaik seperti apa yang harus saya pilih?

Kenali Ciri-Ciri Aplikasi Investasi Saham Terpercaya

Kemajuan digital membuat para trader memilih untuk melakukan kegiatan trading atau investasi saham dengan menggunakan bantuan aplikasi khusus investasi saham. Oleh karenanya, banyak muncul platform aplikasi saham terbaik di Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, langkah awal agar tidak terjebak investasi bodong, saya harus mengetahui seperti apa ciri-ciri aplikasi saham terpercaya. Tentunya tolok ukur dilihat dari indikator kredibilitasnya, serta value yang berbeda dengan lainnya.

Aplikasi saham indonesia

1. Perusahaan Sekuritas Dapat Dipercaya

Ciri aplikasi investasi saham bagus harus dikembangkan oleh perusahaan sekuritas ternama dan terpercaya.

Sekarang ini, ada begitu banyak perusahaan yang membuat aplikasi investasi khususnya saham.Anda dapat mencari mana yang paling aman.

Pada umumnya, perusahaan tersebut sudah punya reputasi baik dan nama bagus. Sehingga, kemungkinan untuk hal yang tidak diinginkan kecil terjadi.

2. Terdaftar di Lembaga Otoritas Jasa Keuangan

Sebuah aplikasi aplikasi saham terbaik juga harus mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ini menjadi bukti bahwa legalitasnya terjamin oleh pemerintah. Jangan sampai Anda menaruh dana pada perusahaan tanpa adanya keabsahan untuk beroperasi di negara Indonesia.

3. Punya Interface Mudah Dipahami

Salah satu cara mengetahui aplikasi saham terbaik untuk pemula terpercaya atau tidak, yaitu dengan melihat user interfacenya. Biasanya, aplikasi yang aman akan memberikan fitur mudah dan dapat dipahami secara cepat bahkan oleh para pemula.

4. Registrasi yang Mudah

Sebuah aplikasi investasi saham juga harus memberikan kemudahan dalam pendaftarannya.

Anda tidak akan dibebankan untuk deposit dahulu untuk membuat akun. Aplikasi juga dapat diakses secara daring dan tidak perlu dokumen fisik asli.

5. Punya Banyak Metode Pembayaran

Aplikasi investasi saham juga harus punya banyak metode pembayaran. Anda tidak akan dibebankan untuk melakukan pembayaran di setiap transaksi investasi.

Berbagai cara dapat dilakukan mulai dari transfer manual, virtual account, sampai dengan menggunakan dompet digital. 

6. Investasi Rasional

Pilihlah aplikasi saham OJK yang memberikan imbal balik hasil masuk akal.

Tak hanya itu, Anda juga perhatikan perihal modal yang kembali pada waktu yang rasional pula. Jangan tergiur aplikasi saham yang menjanjikan hasil instan, ya.

7. Memiliki Virtual Trading dan Simulasi

Aplikasi saham terbaik adalah aplikasi yang menyajikan fitur virtual trading dan simulasi. Yang mana berfungsi sebagai ajang belajar para trader pemula.

8. Memiliki Fitur Laporan Keuangan Transparan

Manajemen fitur laporan keuangan transparan bisa menjadi bukti reputasi aplikasi saham tersebut direkomendasikan sekaligus bisa dipercaya dan akurat.

Nah, dari kedelapan ciri-ciri mengenali aplikasi saham terbaik, ternyata semuanya sudah dimiliki oleh platform Stockbit.

Jadi saya makin percaya buat memilih Stockbit sebagai aplikasi saham yang kelak membantu mewujudkan freedom finansial. 

Stockbit, Aplikasi Saham Terbaik Mewujudkan Mimpiku Merdeka Financial sebagai Single Mom

Setelah mengetahui apa saja ciri aplikasi saham terbaik dan terpercaya, kini saatnya cari tahu, apa aplikasi saham terpercaya yang bisa diandalkan dan direkomendasikan banyak orang? 

Jawabannya adalah Stockbit.

Stockbit merupakan one-stop platform investasi saham yang mana menjadi wadah untuk berdiskusi dan update berita terkini seputar saham. Serta berfungsi sebagai platform riset dan analisis investasi.

Didirikan oleh Welson Lo pada tahun 2013, Stockbit dijadikan sebagai jejaring sosial untuk investor saham dan sudah berkembang menjadi sebuah aplikasi yang mengintegrasikan perdagangan saham, agregator informasi, dan jejaring sosial.

Keunggulan Aplikasi Stockbit

Ada sejumlah fitur dan keunggulan aplikasi ini yang membuatnya punya value lebih dibandingkan dengan yang lain.

Berikut keunggulan aplikasi saham stockbit yang seketika bikin saya jatuh cinta.

1. Pendaftaran tanpa adanya minimal deposit.

Untuk membuat akun, tidak ada ketentuan minimum deposit sehingga Anda dapat memulai investasi tanpa harus mengeluarkan modal besar.

2. Free Stockbit Pro

Anda bisa memilih akses ke fitur stock screener, fundchart, dan informasi finansial lengkap tanpa ada biaya.

3. Tarif broker terjangkau

Stockbit menjadi aplikasi investasi saham dengan tarif terjangkau di mana fee beli hanya 0,1% dan fee jual 0,2%.

4. Pembukaan rekening cepat

Semua proses pembukaan rekening dilakukan secara online tanpa harus mengirim dokumen fisik serta dilakukan secara cepat dalam satu hari kerja saja.

5. One stop investment journey

Desain terkini pada aplikasi investasi saham Stockbit, akan mempermudah anda dalam transaksi jual beli dalam tiga langkah.Tinggal melakukan swipe, order, done.

6. Komunitas Saham Di Indonesia

Stockbit menjadi aplikasi saham terbaik 2022 karena memiliki value berbeda dibanding lainnya.

Menghadirkan fitur Stream sebagai ajang berkomunitas saham dimana terdapat ruang bagi investor dan trader untuk berbagi ide, berita dan informasi keuangan lainya secara real-time.

Atau bisa dikatakan Stream menjadi Social media pada trader dan investor yang memudahkan untuk saling berdialog.

Aplikasi saham terbaik

7. Memiliki Fitur Profesional Tools dan Lengkap

Tak heran jika banyak investor pemula puas berinvestasi saham di aplikasi saham Stockbit.

Stockbit memberikan fasilitas fitur tools profesional yang lengkap, yang mana akan sangat membantu Anda untuk mengambil keputusan dalam berinvestasi.

Beberapa fitur profesional tools di antaranya:

Financials

Menyajikan analisa keuangan mudah dibaca, menarik dan sangat lengkap.

Anda bisa melihat laporan keuangan dari berbagai periode mulai dari per kuartal (Quarterly), tahunan (Annual), 12 bulan kebelakang (TTM), Interim Year-To-Date (YTD) dan juga tampilan pertumbuhan (Growth).

Keystats

Menyajikan ringkasan kinerja yang  menarik dalam bentuk rasio-rasio fundamental lengkap, meliputi valuasi perusahaan, arus kas, level utang dan dividen.

Fundachart

Anda bisa mempelajari tren dari data fundamental perusahaan di fundachart. Di sini terdapat 3 tools penting, yakni:

  • PE Standard Deviation Band untuk valuasi saham

  • PE Price Band untuk melihat tren harga saham

  • PBV Standard Deviation Band yang berfungsi sebagai tools yang sering digunakan oleh institusi untuk melakukan valuasi saham

Charbit

Charting tools didesign modern dan canggih dengan ratusan indikator yang berguna untuk menganalisa dan memprediksi harga saham.

Lihat tren harga saham sampai dengan 15 tahun kebelakang untuk menganalisa tren jangka panjang.

Screener

Tools ini fungsinya untuk screening saham berdasarkan preset di mana Anda diminta untuk menyaring dan mencari saham potensial seperti kriteria guru investasi dunia, yakni Warren Buffett, Peter Lynch, Piotroski dan lainnya.

Comparison

Sistem pada Stockbit sudah menyediakan fitur pembanding data keuangan antar perusahaan dengan mudah.

Fitur Gratis dan Menarik Pada Aplikasi Stockbit

Sebuah aplikasi saham terbaik harus punya serangkaian fitur yang akan membantu dalam melakukan analisa maupun belajar strategi perdagangan.

Saat menggunakan Stockbit ada beberapa fitur menarik dan gratis yang bisa dinikmati, antara lain:

Stream

Fitur ini menjadi tempat berinteraksi dengan investor lain untuk mengamati pasar sekuritas dan pasar modal.

Anda juga bisa memperoleh berbagai informasi terkini, pembaharuan keterbukaan data oleh emiten memperoleh data mengenai insider transaction, melakukan pemantauan trending post dan lain-lain.

Virtual Trading

Virtual trading menjadi sarana bagi Anda yang ingin belajar seputar Dunia trading, dan akan diberikan uang virtual sebesar Rp100 juta. Modal tersebut dapat Anda gunakan untuk sarana latihan sebelum menggunakan uang real.

Watchlist

Anda dapat mengamati sekuritas favorit yang dipantau lewat watchlist. Caranya mudah, tinggal memasukkan opsi stok ke fitur ini.

Watchlist akan memudahkan anda untuk mengamati aset pilihan sehingga tidak perlu membukanya satu persatu.

Consensus Target

Anda dapat melihat hasil konsensus atau angka rata-rata yang ditaksir para analis terhadap harga saham. Hasilnya bisa terbagi menjadi konsensus price (medium, high, dan low) dan ditaksir oleh eps dari harga saham terkait.

Calendar

Jika ingin memantau corporate action emiten tertentu, maka bisa membuatnya di fitur calendar.

Ada berbagai pilihan menu yang disajikan misalnya pembagian dividen, reverse split, stock split, tender, offer, dan RUPS.

Earning Recap

Rekapitulasi eps quarterly bisa Anda ketahui dengan mudah dengan adanya fitur earning recap.

Dengan fitur ini Anda tidak usah repot lagi mencari emiten dengan earning surprise terbanyak maupun terkecil. Keduanya dapat diperoleh dengan cepat.

Glossary

Fitur Glossary berisi lengkap tentang akun-akun finansial, rasio-rasio keuangan, dan istilah-istilah dalam dunia saham yang sering digunakan.

Tentunya, fitur glossary ini akan sangat membantu Anda yang pemula mempelajari istilah saham dengan sangat cepat.

Set Target Price (Predictions)

Di fitur ini, Anda bisa membagikan prediksi pergerakan saham. Seperti contoh, apakah harga saham X akan naik atau turun dalam kurun waktu tertentu, ke dalam Stream.

Semakin akurat prediksi yang Anda buat akan berpengaruh pada reputasi Anda  di Stockbit.

Selain itu, jika persentase target harga yang Anda tetapkan semakin besar, maka jumlah reputasi yang akan Anda peroleh jika target tersebut tercapai pun semakin besar.

Insider

Anda bisa melihat transaksi yang dilakukan oleh pemegang saham mayoritas (>5%) pada suatu emiten setiap harinya di fitur insider.

Di sini kepemilikan dan aktivitas dari “whale” atau investor saham dengan modal besar, baik itu individu maupun institusi terpantau jelas oleh Anda.

E-book

Fitur yang berisi  panduan agar Anda lebih leluasa dalam melakukan analisis teknikal maupun fundamental.

Selain itu, E-book juga menyediakan informasi tentang Bandarmology dan penggunaan fitur-fitur yang ada di Stockbit lainnya.

Berbagai fitur tersebut di atas akan membuat aktivitas trading Anda semakin mudah dilakukan dan keuntungan juga bisa maksimal.

Stockbit merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang ingin berinvestasi dengan banyak kemudahan.

Apakah Stockbit Sebagai Aplikasi Saham Terbaik Memiliki Keamanan Terjamin?

Sebelum berinvestasi di aplikasi saham terbaik, tentu keamanan merupakan hal yang diutamakan dan wajib diperhatikan.

Saat menggunakan Stockbit, data nasabah akan terjamin keamanannya. Ada beberapa alasan yang menjadikan Aplikasi ini sangat aman yaitu:

1. Sudah terdaftar di OJK

Stockbit merupakan aplikasi saham terbaik ojk dengan nomor izin KEP- 132/ PM/ 1992.Selain itu, juga sudah terdaftar di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Dengan begitu, kepemilikan harta terkait yang dimiliki investor akan terpelihara keamanannya. Memang tidak perlu diragukan bahwa aplikasi saham terbaik untuk pemula adalah Stockbit.

2. Dana Tersimpan di RDN Aman

Rekening dana nasabah atau RDN adalah rekening perantara untuk melakukan aktivitas transaksi di pasar modal. Seluruh dananya akan tersimpan di rekening atas nama sendiri sehingga tidak bisa disalahgunakan pihak lain.

3. Mempunyai Sistem Keamanan Berlapis

Aplikasi investasi Stockbit juga mengandalkan teknologi smart login dengan teknologi keamanan biometrik untuk wajah dan sidik jari.

Dengan begitu, akses masuk ke akun trading lebih aman. Semua kegiatan jual beli sekuritas akan membutuhkan konfirmasi dari pemilik aslinya.

Ingin Investasi Saham Berhasil? 3 Kunci Sukses Ini Wajib Dipraktikan!

Sebagai pemain pemula, Stockbit sebagai salah satu aplikasi saham terbaik di Indonesia tentunya akan memberikan keuntungan semakin maksimal.

Namun, saya juga harus memahami strategi seperti apa yang membuat investasi saham berhasil dan minim risiko.

Menurut buku The Super Scalpter yang ditulis oleh Bekti Sutikna, ada 3 Kunci Sukses bermain Saham, antara lain:

1. Luruskan Mindset

Di mata beberapa orang, bermain saham pasti akan cuan. Tetapi ketika tahu risiko yang cukup besar, maka akan mundur cepat.

Maka, sebelum benar-benar terjun di dunia saham, baiknya tanya pada diri sendiri,“Siap enggak dengan risikonya? Utang sudah beres belum? Ada tabungan cukup? Kondisi keuangan seperti apa? Gaya main saham seperti apa yang diinginkan?”

Jika sudah bisa menjawab, maka segeralah Action!

2. Penguasaan Diri dan Risiko

Dunia saham tak melulu bicara profit. Ada kalanya juga mengenal risiko. Pahami, jika sudah terjun akan ada yang namanya cut loss dan biasanya ini akan berpengaruh pada psikologi pemain.

Untuk itu, sebisa mungkin seorang player memiliki kondisi psikologi yang bagus sehingga ketika terjadi kegagalan pada saham, Anda bisa menahan emosi dan tidak menganggu aktivitas di luar saham.

3. Money Management

Jangan terlalu serakah jika baru pertama kali berinvestasi saham. Sebaiknya, Anda gunakan dana kecil terukur karena Anda masih tahap belajar.

Selain itu, Anda bisa menggunakan uang yang siap hilang, agar Anda tidak menyesal jika terjadi kerugian. Plus, gunakan juga uang yang jumlahnya tidak signifikan mempengaruhi standar dan gaya hidup.

Dengan money management yang bagus seperti di atas, Anda akan siap menghadapi risiko terburuk sekalipun.

Gimana? Dunia saham cukup menarik bukan?

Terlebih sangat terbantu adanya Stockbit sebagai aplikasi saham terbaik yang memberi banyak kemudahan. Pastinya tak akan membuat Anda ragu lagi untuk memilih bermain saham yang tepat.

Nah, jika Anda tertarik bergabung  berinvestasi saham di Stockbit, silakan Download Stockbit segera dan nikmati semua fiturnya, ya!

Semangat merdeka Finansial, yuk!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.