Penuaan Dini pada Wajah – Hai, Sobat Kata Malica, Siapa bilang keriput dan kerutan pada wajah hanya terjadi pada perempuan usia 40 tahun ke atas?

Faktanya banyak perempuan sebelum usia 40 tahun atau bahkan sebelum 30 tahun, sudah mempunyai keriput dan kerutan di wajah. Inilah yang disebut dengan penuaan dini.

Sebenarnya, keriput dan kerutan pada wajah merupak popan hal alami yang akan terjadi pada semua orang, baik itu perempuan atau laki-laki. Seiring bertambahnya usia, jaringan kolagen dan tingkat elastisitas kulit akan melemah.

Keriput dan kerutan memang tidak dapat dihindari. Tapi, kita bisa mencegah datangnya penuaan di usia muda.

Kenali Tanda-tanda Penuaan Dini pada Wajah

Usia berapa, sih, kamu mulai aware dengan masalah penuaan dini pada wajah?

Seseorang bisa dikatakan mengalami penuaan dini jika proses penuaan terlihat jelas sebelum usia 35 tahun. Lalu, apa saja yang menjadi tanda-tanda penuaan dini pada wajah?

Bintik Hitam

mencegah penuaan dini pada wajah

Bintik hitam atau flek hitam adalah bintik-bintik datar pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terjadi selama bertahun-tahun.

Bintik hitam hasil hiperpigmentasi ini bisa muncul di wajah, punggung tangan, dan lengan. Meski tidak berbahaya, tapi bisa mengurangi kepercayaan diri dan mengganggu penampilan.

Garis-garis Halus

Pernahkah kamu memperhatikan wajah dengan seksama? Apakah sudah terlihat garis-garis halus sebagai salah satu tanda penuaan dini pada wajah?

Garis-garis halus muncul karena terjadinya penurunan kolagen dan elastin pada kulit. Bila semakin dicuekin, dapat dipastikan garis-garis halus akan semakin terpampang nyata di wajah cantikmu.

Nah, sobat kata Malica harus paham dan mengenali tanda-tanda penuaan dini pada wajah tersebut, ya.

Kerutan Di Sudut Luar Mata dan Lingkaran Hitam Mata

Mata menjadi salah satu bagian wajah yang paling terlihat jelas jika terjadi penuaan dini. Ini ditandai dengan munculnya kerutan disekitar sudut luar mata. Kulit disekitar mata lebih halus dibading bagian lain, serta akan terlihat lebih tua dengan kelopak mata yang tampak tebal, dan bengkak. Apalagi, disertai dengan kehadiran lingkaran hitam di bagian mata.

Kamu mungkin tertarik:

Tips Merawat Kesehatan Kulit Usia 30 tahun plus

Awet Muda dan Tampil Menawan di Usia 30 Tahun? Ikuti 5 Tips Sederhana Berikut!

Pipi Turun

Pipi yang tadinya terlihat bulat, kenyal, dan berisi, terlihat turun serta muncul keriput. Volume pipi menghilang seakan-akan kosong. Hal ini juga terjadi karena lapisan lemak yang menopang di bawah kulit wajah mulai berkurang, sehingga pipi terlihat kempot.

Keriput dan Kerutan

Dermis merupakan lapisan kulit yang bertanggung jawab untuk menjaga kulit agar terlihat kencang. Namun, seiring bertambahnya usia, pembaruan sel mulai melambat, stratum korneum kulit terluar menebal, serta elastin dalam dermis menjadi berantakan.

Pada kasus penuaan dini, lapisan dermis mengalami kerusakan lebih cepat, sehingga keriput dan kerutan muncul lebih awal.

Munculnya Milia pada Wajah

mengatasi penuaan dini pada wajah

Pernahkah mendengar istilah milia?

Milia merupakan benjolan kecil berwarna putih pada wajah yang terlihat seperti jerawat tetapi bukan. Milia disebabkan oleh penumpukan dari kerusakan akibat sinar matahari dan produk wajah yang bersifat keras. Milia terbentuk sebagai akibat dari ketidakmampuan kulit terlokalisasi untuk mengelupas secara alami.

Bibir Menipis

penyebab penuaan dini pada wajah

Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang ikut mengalami penuaan. Kolagen juga memengaruhi kepenuhan bibir. Saat terjadi penuaan dini, bibir akan terlihat mengempis dan kisut.

Kamu mungkin tertarik:

Perempuan Cerdas Wajib Tahu, Apa Perbedaan Skincare dan Make Up

Merawat Rambut Perempuan Berhijab. Susah atau Gampang?

Penyebab Penuaan Dini pada Wajah

Tidak ada perempuan yang ingin terlihat tua di usia muda. Bahkan, kalau bisa terlihat 10 tahun lebih muda dari usia seharusnya. Iya, kan?

Memang, sih, proses penuaan setiap orang berbeda. Ada yang terlihat lebih cepat, ada pula yang tetap cantik dan memukau diusianya yang tidak lagi muda.

Sebut saja artis Donna Harun, Meriam Bellina, Paramitha Rusady, dan Sophia Latjuba. Sederetan artis tersebut tetap terlihat awet muda diusianya yang telah memasuki usia kepala 5.

Kamu juga bisa, kok, seperti artis tersebut. Caranya adalah dengan merawat kulit wajah sedini mungkin dan menghindari apa saja yang menjadi penyebab terjadinya penuaan dini pada wajah.

Nah, berikut ini 5 hal yang harus kamu ketahui yang bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini.

Merokok

Tidak hanya mengancam kesehatan, kebiasaan merokok ternyata juga ikut andil dalam mempercepat terjadinya penuaan dini pada perenpuan.

Nikotin pada rokok merupakan vasokokstriktor, yaitu zat yang dapat menurunkan aliran darah ke organ tubuh, termasuk kulit.

Penurunan aliran darah ini menyebabkan hilangnya oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan regenerasi sel kulit.

Untuk itu, segeralah menghentikan kebiasaan merokok. Lakukan secara perlahan dan harus diiringi niat serta tekad yang kuat. Jika belum pernah merokok, maka jangan pernah memulai dan tergoda untuk mencobanya.

Kurang Mengonsumsi Sayur dan Buah

Percayalah, sayur dan buah memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh. Kamu bisa membandingkan orang yang makan sayur dan tidak mau makan sayur. Ditambah lagi, konsumsi makanan tidak sehat yang masuk ke tubuh.

Sayur dan buah mengandung antioksidan yang tinggi, juga berbagai vitamin, seperti A, C, E, K, dan yang lainnya yang berguna untuk menangkal radikal, serta menjaga kolagen tingkat elastisitas kulit.

Banyak cara untuk mengonsumsi sayur dan buah, mulai dari dimakan langsung, dimasak, dibuat smoothies, hingga dibuat menjadi jus. Mulailah mengonsumsinya dalam porsi yang kecil. Kemudian secara bertahap tambahkan jumlahnya. Hilangkan mindset jika sayur dan buah tidak enak.

Kurang Tidur

Sudah banyak yang tahu jika kurang tidur bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. Tapi, belum banyak yang tahu jika kurang tidur secara spesifik berpengaruh terhadap terjadinya penuaan dini pada kulit.

Kurang tidur bisa melemahkan hingga 70 % kadar kolagen pada kulit, sehingga memicu munculnya keriput dan kerutan pada wajah. Secara umum, orang yang kurang tidur bisa terlihat 2.5 tahun lebih tua dari usia sesungguhnya.

Kualitas dan kuantitas tidur merupakan salah satu kunci penuaan yang baik. Selain itu, juga berpengaruh terhadap kesehatan fisik, kognitif, dan emosional. Orang yang memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang baik akan minim tanda penuaan dan menjaga kecerahan kulit. Jika kamu memiliki masalah pada tidur, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter dan temukan penyebabnya.

Perawatan Wajah Mampu Mencegah Penuaan Dini

Selain faktor makanan, yaitu sayur dan buah yang dikonsumsi, bagaimana kamu merawat wajah sedini mungkin dengan ketelatenan juga memengaruhi proses penuaan pada kulit wajah.

Yang perlu digarisbawahi, perawatan tidak melulu harus mengeluarkan kocek hingga jutaan rupiah.Produk yang dijual di pasaran pun bisa menjadi solusi, asalkan aman serta digunakan dengan benar dan telaten.

Ingat, skincare bisa memengaruhi kulit untuk jangka waktu lima, sepuluh, hingga dua puh tahun yang akan datang. Penting untuk rajin membersihkan wajah dan menggunakan pelembab, krim siang, krim malam, krim anti aging tabir surya, serum, serta masker dari bahan-bahan alami yang bisa ditemukan dengan mudah.

Jangan malas dan menunda melakukan perawatan wajah. Semakin lama kamu melakukan perawatan, maka tanda penuaan akan semakin terlihat.

Olahraga

Siapa di sini yang masuk dalam kategori kaum rebahan yang malas bergerak?

Ayo, dong, mulai sekarang ganti gaya hidup dengan rajin berolahraga.

Secara keseluruhan, olahraga bermanfaat bagi tubuh. Olahraga membuat tulang dan otot menjadi kuat, meningkatkan fungsi organ tubuh, memberikan mood happy, serta dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Loh, kok bisa?

Olahraga juga berfungsi memperkuat dan mengencangkan kulit dan otot yang mulai melorot termakan usia. Ketika tubuh kehilangan otot, maka tubuh akan kelihatan cepat tua. Penuaan dini, tidak hanya berbicara tentang kulit yang keriput, organ-organ tubuh pun akan berpengaruh.

Dengan berolahraga secara benar dan teratur, organ tubuh akan tetap muda dan bekerja sebagaimana meskinya. Lebih spesifik lagi, diera globalisasi saat ini sudah ada olahraga anti penuaan. Yuk, gali informasi lebih dalam.

Sobat kata Malica, penuaan memang tidak bisa dihindari. Namun, tidak terlihat tua diusia muda pasti menyenangkan, bukan?

Apalagi, jika bisa terlihat tetap muda dan bugar diusia yang tidak lagi muda. Isu penuan dini sudah menjadi pembicaraan yang harus diperharikan oleh generasi milenial yang cenderung memiliki gaya hidup tidak sehat dan cuek terhadap kehidupan yang akan terjadi dimasa akan datang. Jika bukan kita yang menyayangi diri kita, lalu siapa lagi?

Kesimpulan

Seiring bertambahnya usia yang berpengaruh pada proses internal tubuh akan melambat. Maka kita bisa menghindari yang namanya penuaan.

Tetapi, kita bisa mencegah datangnya penuaan  dini  pada wajah agar tidak datang terlalu cepat. Terapkan cara mengatasi ala blog kata Malica ya.