Mengenal Asuransi Mobil, Perlindungan Lengkap Bagi Kendaraanmu

Pemahaman masyarakat mengenai pentingnya asuransi semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini ditunjukkan oleh data yang dilaporkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai penetrasi asuransi yang semakin meningkat tiap tahun, khususnya dv semester pertama 2021.

Kebutuhan masyarakat akan asuransi tidak terlepas dari resiko-resiko yang ada di luar sana dan telah dirasakan dampaknya oleh masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki asuransi.

Selain itu, literasi finansial masyarakat juga meningkat setiap tahunnya. Terdapat banyak jenis produk asuransi yang ada di masyarakat, salah satunya adalah asuransi kendaraan yang terdiri dari asuransi kendaraan mobil dan motor.

Asuransi mobil sendiri merupakan produk asuransi yang memberikan perlindungan atas resiko-resiko yang dapat menimpa kendaraan tertanggung, mulai dari kerusakan kecil sampai kehilangan, sehingga pemilik kendaraan dapat terhindarkan dari kerugian finansial yang besar.

Terdapat beberapa jenis asuransi mobil, yakni asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO. Asuransi mobil all risk memberikan perlindungan bagi semua jenis resiko kerusakan pada mobil, seperti lecet, penyok, turun mesin, bahkan kehilangan akibat pencurian. Asuransi all risk cocok untuk mobil yang baru saja dibeli atau mobil yang digunakan pada daerah yang padat penduduk.

Namun, dengan manfaat yang dapat menanggung seluruh jenis resiko, asuransi all risk memiliki premi yang jauh lebih besar dibandingkan asuransi mobil jenis lainnya.

Asuransi mobil TLO adalah jenis asuransi mobil yang memberikan perlindungan/penanggungan atas kerugian kerusakan mobil di atas 75% harga mobil.

Hal tersebut menyebabkan harga premi yang dibebankan untuk asuransi TLO jauh lebih renda dibandingkan asuransi all risk. Asuransi TLO cocok digunakan untuk mobil usia tua dan digunakan di daerah tingkat kriminalitas tinggi.

Memang asuransi mobil dibeli sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial masing-masing. Namun, dengan manfaat lebih yang diberikan agar tidak terjadi rugi di masa mendatang, asuransi mobil patut kamu beli.

Terlebih asuransi mobil menjadi penting apabila kendaraan kamu sering mengalami kerusakan atau banyak perbaikan, tinggal di daerah padat penduduk dengan tingkat resiko kecelakaan yang tinggi, rawan kriminalitas dan bencana alam.

Apabila kamu ingin membeli asuransi mobil namun bingung membeli asuransi yang mana, kamu perlu pertimbangkan kebutuhan kamu.

Pertimbangkan usia mobilmu, daerah kamu menggunakan mobil, besarnya biaya perbaikan dan perawatan kendaraanmu, karena hal ini penting untuk kamu memilih produk asuransi yang sesuai.

Selain itu, budget yang kamu miliki juga penting untuk dijadikan pertimbangan sehingga nantinya kamu tidak keberatan dalam membayarkan premi asuransi karena apabila terdapat tunggakan premi akan mengakibatkan kesulitan dalam melakukan klaim.

Dalam menyesuaikan kebutuhan, budget, dan besar premi yang kamu miliki. Terdapat sebuah cara yang dapat kamu gunakan untuk menghitung besar premi asuransi mobil.

Premi asuransi mobil sendiri biasanya jatuh per tahun dengan kisaran bergantung jens asiuransi yang dipilih. Contohnya, untuk asuransi TLO bisa dikenakan premi Rp 600 ribuan per tahun sedangkan untuk all risk bisa mencapai Rp3 jutaan per tahunnya.

Besaran premi pun tergantung dengan harga mobil yang kamu ingin asuransikan. Semakin besar harga mobil yang kamu miliki, akan semakin mahal premi asuransinya. Perhitungan premi asuransi mobil dinyatakan sebagai berikut:

(Persentase*) × (Harga mobil) = (Biaya premi) *Persentase dipengaruhi oleh perusahaan asuransi, jenis asuransi yang kamu pilih, wilayah pertanggungan, hingga kategori harga mobil.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai asuransi mobil yang dapat membantu kamu dalam memberikan perlindungan lengkap atas kendaraanmu. Selamat memilih produk asuransi mobil yang terbaik bagi kamu ya!

Pos dibuat 33

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.