Jenis-jenis Pajak Mobil yang Wajib Diketahu

Ingin membeli kendaraan roda empat? Kamu wajib tahu jenis-Jenis pajak mobil yang harus ditanggung. Beban ini merupakan salah satu pengeluaran selain pembelian BBM, service dan penggantian spare part.

Ketika seseorang akan membeli mobil, pengeluaran untuk pajak seringkali tidak terpikirkan sehingga pada saat membayar merasa terpaksa keluar uang cukup banyak. Sedangkan ada jenis pajak yang memang setiap tahun menjadi kewajiban pemilik kendaraan.

Jenis-jenis Pajak Mobil

Selama ini, jenis-jenis pajak yang pemilik kendaraan ketahui biasanya hanya dua, yaitu tahunan dan per lima tahun sekali. Sebenarnya jenisnya cukup banyak.

Ada beberapa jenis yang belum pemilik kendaraan pahami, sedangkan ketika baru saja membeli, secara tidak langsung sudah membayarnya. Apa saja jenis-Jenis pajak mobil?

Pajak Rutin

Pajak rutin adalah jenis yang dibayar oleh pemilik setiap waktu tertentu. Pembayaran ke kantor Samsat yang ada pada wilayah masing-masing.

Untuk memudahkan, sekarang pemilik kendaraan dapat membayar secara online. Berikut jenis pajak rutin kendaraan bermotor:

Pajak Tahunan

Seperti namanya, pembayaran pajak ini berlaku setiap satu tahun sekali sesuai dengan tanggal yang tertera pada STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan.

Jika terlambat, pemilik kendaraan harus membayar denda yang besarnya tertentu. Guna pembayaran pajak ini untuk mengesahkan dan memperpanjang masa berlaku STNK.

Meski bisa melakukan pembayaran secara online, untuk mendapatkan pengesahan STNK, pemilik harus datang ke kantor Samsat.

Kelebihannya adalah bisa lebih cepat karena tidak perlu antri. Pembayaran online juga bisa menghindarkan pemilik dari denda karena keterlambatan.

Pajak per lima tahun

Hampir sama dengan pajak tahunan, jenis ini pembayarannya hanya setiap lima tahun sekali.

Pada saat membayar, selain memperpanjang STNK,juga memperbaharuinya, mengganti plat nomor dan pengecekan fisik kendaraan.

Pajak Mobil Baru

Ketika membeli kendaraan pihak penjual secara langsung akan memasukkan biaya pajak yang menjadi tanggungan pembeli. Jenis pajak tersebut dibayar ketika membeli mobil baru. Apa saja?

PPN

PPN singkatan dari Pajak Pertambahan Nilai. Besarnya kewajiban pembeli tergantung nilai dari mobil, yaitu 10% harga.

Jadi semakin mahal, pajaknya bertambah besar. Pajak jenis ini akan masuk sebagai pendapatan pemerintah pusat.

PPnBM

berikutnya, pajak ini berlaku untuk pembelian jenis kendaraan mewah. Besarnya variatif tergantung dari tipe mobil. Pertimbangannya adalah bodi, kapasitas mesin, bahan bakar, dan penggerak roda.

PKB

Jenis ketiga ini merupakan kewajiban pembeli kendaraan baru yang akan masuk sebagai pendapatan daerah.

Sedangkan besarnya untuk setiap wilayah berbeda. Dengan bertambahnya kendaraan pemilik, maka besarnya pajak juga bertambah.

Untuk pembayaran jenis ini ada yang mengelompokkan sebagai pajak namun tidak sedikit menganggapnya iuran. SWDLLJ merupakan iuran wajib untuk membayar premi asuransi. Nominalnya di seluruh wilayah sama, yaitu Rp. 143 ribu. Pengelola dana ini adalah PT. Jasa Raharja.

STNK dan TNBK

Pembayaran kedua item ini setiap lima tahun sekali bersamaan dengan penggantian plat kendaraan. Pengelola dari dana tersebut adalah kepolisian.

Selain jenis-jenis pajak mobil, tidak sedikit pemilik yang mengeluarkan biaya untuk asuransi kendaraannya.

Gunanya adalah untuk memberikan proteksi jika ada kecelakaan atau kehilangan, maka pihak asuransi akan memberikan perlindungan. Besarnya premi tergantung dari fasilitas atau klain sesuai polis.

Salah satu jenis asuransi kendaraan terbaik ada di Lifepal, marketplace asuransi terlengkap.

Produknya dapat mengcover biaya perbaikan karena kecelakaan. Selain itu juga mengganti biaya service di bengkel baik dalam besar maupun kecil sesuai dengan ketentuan dalam polis.

Mengasuransikan mobil melalui Lifepal juga hemat karena bisa mendapatkan diskon sampai 25%.

Dengan mempunyai asuransi kamu cukup fokus pada biaya pajak tanpa harus pusing memikirkan biaya perawatan dan service jika terjadi kecelakaan.

Jenis-jenis pajak mobil merupakan kewajiban. Beberapa hanya dibayarkan sekali ketika membeli kendaraan tersebut. Sedangkan sebagian besar pembayarannya rutin dengan besar yang telah ditentukan.

Untuk tahu lebih banyak soal pajak mobil, kamu bisa cek di sini http://lifepal.co.id/asuransi/mobil/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.