Cara mengatasi komedo putih dan hitam membandel – Hi, Sobat kata Malica, tulisan ini terinspirasi ketika kemarin tanpa sengaja melihat ada komedo di wajah saya. Well, komedo memang menjadi salah satu permasalahan sejuta umat. Tidak hanya kaum Hawa, tapi juga kaum Adam.

Komedo merupakan bintik-bintik kecil yang muncul di pori-pori kulit. Komedo menjadi cikal bakal munculnya jerawat. Umumnya, komedo muncul di kulit wajah. Namun, pada beberapa kasus komedo juga muncul di bagian tubuh lain, seperti bahu, dada, punggung, dan lengan.

Sobat kata Malica harus tahu, awal mula komedo terbentuk karena tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel kulit mati dan sebum (minyak) yang berlebih. Komedo tidak menimbulkan rasa sakit, kecuali jika telah mengalami infeksi yang menyebabkan kulit menjadi kemerahan, bengkak, dan break out (jerawat).

Komedo Putih VS Komedo Hitam

Tidak banyak yang tahu, ternyata komedo terdiri atas dua jenis, yaitu komedo putih dan komedo hitam.

Bila permukaan komedo tertutup kulit dan warnanya menyerupai warna kulit atau berwarna putih, maka disebut komedo putih. Sedangkan komedo yang permukaannya tidak tertutup kulit akan berubah menjadi warna hitam atau kecoklatan akibat terkena paparan udara. Komedo ini disebut komedo hitam.

Cara mengatasi komedo

Cara menghilangkan komedo hitam

 

Komedo putih terjadi karena minyak berlebih dan sel kulit mati masuk ke dalam pori-pori yang terbuka. Biasanya, minyak yang terjebak dalam pori-pori tidak terkena paparan udara sehingga teroksidasi.

Sementara, komedo hitam muncul karena minyak terperangkap di dekat mulut pori-pori sehingga memungkinkan terpapar udara dari luar. Inilah yang membuatnya menjadi berwarna hitam.

Namun keduanya sama-sama menganggu dan bikin kesal jika bersarang di wajah kita. Nah, untuk itu, penting untuk mencari tahu sebenarnya apa penyebab komedo membandel tersebut.

Kamu mungkin tertarik:

Penuaan Dini pada Wajah Bikin Worry? Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab Munculnya Komedo

Penyebab munculnya komedo adalah sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori. Selain itu, komedo juga terjadi karena kotoran yang terjebak di pori-pori kulit.

Pertanyaannya, apakah semua orang memiliki komedo? Apakah artis juga mempunyai komedo? Halah, pertanyaan konyol banget nih. Hahaha… Abaikan ya. Mari back to the topic. 

Sobat kata Malica, komedo bisa terjadi pada siapa saja, terutama orang yang malas membersihkan muka secara benar dan teratur. Apalagi, setelah menggunakan make up dan melakukan aktivitas di luar ruangan yang memungkinkan terpapar sinar matahari dan debu.

Penyebab lainnya adalah hormon. Komedo sering muncul pada remaja yang sedang mengalami masa pubertas. Saat pubertas produksi hormon meningkat dan memicu produksi minyak di bawah kulit, sehingga kulit akan menerima sebum (minyak) dan sel kulit mati menjadi lebih banyak.

Permasalahan hormon tidak hanya terjadi pada remaja, tapi juga perempuan yang sedang menstruasi, hamil, dan menggunakan alat kontrasepsi jenis hormon.

Berikut ini beberapa penyebab lain munculnya komedo.

  • Penggunaan make up dalam jangka waktu lama dan malas membersihkannya.
  • Produksi keringat yang berlebih.
  • Cara bercukur yang salah, sehingga menyebabkan folikel rambut terbuka.
  • Stres berlebih, termasuk terjadinya perubahan hormon saat menstruasi (PMS).
  • Penggunaan obat-obat tertentu, contoh pil KB.
  • Kebiasaan merokok.
  • Mengonsumsiterlalu banyak makanan dan minuman yang mengandung gula dan lemak.
  • Iritasi pori-pori kulit yang disebabkan karena mencuci wajah yang salah atau efek samping dari peeling dan laser.

Mencegah Munculnya Komedo

Pernah dengar ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’?

Ini juga berlaku pada komedo. Komedo terjadi karena adanya sumbatan pada pori-pori kulit. Oleh karena itu, kunci utama mencegah munculnya komedo adalah menjaga kebersihan.

Berikut ini, beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya komedo.

Membersihkan Wajah secara Benar dan Teratur

Secapek apa pun, jangan pernah men-skip ritual membersihkan wajah sebelum tidur. Apalagi, membiarkan make up tetap menempel saat tidur.

Bayangkan jika kebiasaan buruk ini dilakukan terus-menerus. Tidak hanya komedo dan jerawat yang muncul, tapi juga penuaan dini.

Membersihkan wajah akan membantu membuat kulit bernafas. Lakukan setidaknya 15 menit sebelum waktu tidur dan bisa menggunakan double cleansing.

Jangan Malas Keramas

Sobat kata Malica, ternyata mencuci rambut (keramas) juga memengaruhi munculnya komedo, lho. Apalagi, jika memiliki rambut tertutup hijab dan tipe berminyak. Minyak yang diproduksi pada rambut juga bisa menjadi pencetus tersumbatnya pori-pori wajah.

Menjaga Kebersihan Tangan dan Kuku

Tanpa disadari, terkadang secara refleks tangan menyentuh bagian wajah, baik itu pipi, hidung, dahi, atau mata. Karena itu, perlu menjaga kebersihan tangan dan kuku untuk menghindari berpindahnya kuman dan bakteri pada tangan dan kuku ke wajah.

Mengganti Sprai dan Sarung Bantal Minimal Seminggu Sekali

Siapa di sini yang malas mengganti sprai dan sarung bantal hingga berbulan-bulan?

Ada berapa juta kuman dan bakteri yang menumpang hidup di sprai dan sarung bantal dan akhirnya bermutasi ke wajah.

Mulai sekarang, cobalah untuk mengganti sprai dan sarung bantal minimal seminggu sekali. Jika tidak mempunyai banyak waktu, bisa menggunakan jasa laundry.

Diet Makanan dan Minuman Rendah Gula dan Lemak

Lagi-lagi lifestyle atau gaya hidup, terutama pola makan memengaruhi kecantikan. Pola makan yang salah dan asal-asalan tidak hanya memperburuk kondisi kesehatan, tapi juga kecantikan. Selain tubuh menjadi tidak sehat, over weight, juga memengaruhi kondisi kulit.

Mengonsumsi makanan rendah gula dan lemak dapat mencegah munculnya komedo. Bonusnya, kulit juga bebas jerawat dan cerah secara alami.

Gunakan Tabir Surya

Tabir surya mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berdampak buruk bagi kulit wajah. Untuk kulit wajah berminyak, disarankan menggunakan tabir surya nonkomedogenik, sehingga tidak menyumbat pori-pori.

Stop Memencet Komedo

Siapa yang suka geli melihat komedo di wajahnya?Duh, pengen dipencet aja biar go away.

Faktanya, memencet komedo tidak disarankan. Selain alasan tidak higienis, memencet komedo juga memicu komedo semakin masuk ke dalam dan bisa menimbulkan masalah lain.

Kamu mungkin tertarik:

Perempuan Cerdas Wajib Tahu, Inilah Perbedaan Skincare dan Make Up

Cara Mudah dan Murah Menghilangkan Komedo

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan komedo, mulai dari cara yang mudah dan murah, hingga pergi ke salon atau dokter dengan budget khusus. Namun, yang perlu diingat, komedo bisa timbul lagi. Jadi, daripada harus menyiapkan budget khusus, lebih baik mencoba cara mudah dan low budget berikut ini.

1.Pepaya

Orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan buah berwarna orange ini. Selain melancarkan pencernaan, pepaya juga mengandung enzim papain yang membantu proses regenerasi kulit. Kandungan vitamin A, C, dan E berfungsi sebagai antioksidan yang menutrisi dan melembabkan kulit.

Pepaya mampu mengangkat sel kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah, mencerahkan kulit, dan membersihkan komedo membandel. Pepaya juga bisa menjadi sunscreen alami.

Lumatkan pepaya secukupnya dan gunakan sebagai masker wajah. Biarkan selama 15 hingga 30 menit. Lalu, bersihkan wajah. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika mau, bisa juga tambahkan sedikit madu.

2.Tomat

Buah yang cukup familiar dikalangan emak-emak ini mengandung antioksidan yang disebut dengan lycopine. Lycopine mampu menangkal radikal bebas agar sel kulit mati tidak menumpuk dan menjadi penyebab munculnya komedo. Tomat juga mengandung vitamin C dan mampu meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Tumbuk halus beberapa buah tomat hingga menjadi bubur. Lalu, oleskan secara merata di wajah dan diamkan. Kemudian bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, jangan cuma dilakukan satu kali, ya.

3. Masker Putih Telur

Selain mengencangkan kulit wajah, putih telur juga bisa mengenyalkan serta mengecilkan pori-pori wajah sehingga kotoran dan minyak tidak menumpuk. Selain itu, masker putih telur juga bisa mencerahkan dan membuat kulit wajah lebih sehat. Untuk menghindari bau amis yang berlebih, campurkan sedikit perasan air lemon.

4.Strawberry

Siapa yang tidak tahu buah berwarna merah satu ini. Strawberry mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) alami yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak berlebih. kandungan lain, yaitu asam salisilat diyakini mampu membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Yuk, cobain masker strawberry dengan membuatknya sendiri di rumah.

5.Kulit Jeruk

Jika selama ini sobat kata Malica selalu membuang kulit jeruk setelah memakannya, mulai sekarang coba jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Lalu, tumbuk kulit jeruk tersebut hingga berbentuk pasta. Kemudian, oleskan pada area wajah yang berkomedo.

Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tidak kalah dengan buahnya dan efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, termasuk komedo. Berminat untuk mencobanya?

Sobat kata Malica, itulah sekelumit tentang komedo. Sesuatu hal yang sebenarnya sepele, namun bisa menjadi masalah besar bagi sebagian orang karena berurusan dengan penampilan. Jika ada komedo di wajah, jangan usil, ya, untuk selalu memegangnya karena bisa memperparah dan menimbulkan masalah lainnya.

Yuk,segera atasi komedo membandel. Semoga 7 cara menghilangkan komedo putih dan hitam di atas bermanfaat, ya.